Pengertian Gerhana Bulan Beserta Proses Terjadinya

loading...

Pengertian Gerhana Bulan dan Beserta Proses Terjadinya – Klik pengertian kembali lagi dengan artikel-artikel menariknya. Ya, kali ini klik pengertian akan membahas pengertian Gerhana Bulan beserta prosesnya. Tentu di bangku sekolah SD, SMP, SMA kita sudah mempelajarinya di dalam mata pelajaran geografi. Kali ini admin akan mengulang kembali tentang Pengertian Gerhana Bulan Beserta Proses Terjadinya. Simak yuk sebagai berikut.

Pengertian Gerhana Bulan Beserta Proses Terjadinya


Klik Pengertian – Yuk kita bahas Pengertian Gerhana Bulan. Gerhana Bulan merupakan sebuah kejadian atau peristiwa matahari, bumi, dan bulan terletak pada satu garis sehingga bayangan bumi menutupi sebagian atau keseluruhan bulan. Proses terjadinya gerhana bulan dari wikipedia adalah saat bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis yang sama. Akibatnya, sinar matahari tidak sampai ke bulan karena terhalang oleh bumi.

Sebagian orang ada yang berpendapat bahwa siklus gerhana bulan lebih sering terjadi daripada gerhana matahari. Buktinya kita lebih sering mendapatkan gerhana bulan dariapada gerhana matahari. Bukan begitu? Ada yang tau mengapa demikian? Karena gerhana bulan dapat teramati pada sebagian bumi pada waktu malam. Sehingga kita bisa melihat dan sering menyaksikan gerhana bulan. Berlangsungnya gerhana bulan lebih lama dibandingkan dengan gerhana matahari.

3 Macam Gerhana Bulan Beserta Proses Terjadinya


Gerhana Bulan di bagi menjadi 3 macam, berikut adalah 3 macam gerhana bulan dan proses terjadinya gerhana bulan :

Pengertian Gerhana Bulan Beserta Proses Terjadinya


1.  Gerhana Bulan Penumbra dan Proses Terjadinya

Terjadi pada saat seluruh bulan pada bagian penumbra. Bisa kita lihat gerhana bulan ini jika warna bulan terlihat suram.

Saat terjadi gerhana bulan total, bulan akan terlihat kemerahan. Hal tersebut berhubungan dengan atmosfer. Pada suatu tempat atau negera tertentu, gerhana bulan total terlihat lebih merah. Jika semakin merah, maka suatu tempat tersebut tingkat polusinya semakin kuat.

2. Gerhana Bulan Total dan Proses Terjadinya

Terjadi pada saat bulan tepat berada ditengah daerah umbra. Gerhana bulan total merupakan gerhana bulan dimana semua bagian dari bullan akan tertutup oleh bayangan bumi, sehingga bulan akan tampak tertutup semua. Gerhana bulan total ini dapat dibedakan lagi menjadi dua macam yakni gerhana bulan total dan gerhana bulan total +.

3. Gerhana Bulan Sebagian dan Proses Terjadinya

Terjadi pada saat bulan berada pada daerah penumbra. Pada gerhana ini masih ada sinar yang mengenai permukaan bulan. Pada gerhana sebagian ini, bumi tidak seluruhnya menghalangi bulan dari sinar matahari. Sedangkan sebagian permukaan bulan yang lainnya berada di daerah atau area penumbra. Sehingga masih ada sebgaian dari sinar matahari yang sampai ke permukaan bulan dan dapat dilihat manusia dari bumi. Inilah yang disebut sebagai gerhana bulan sebagian.

Demikian artikel mengenai Pengertian Gerhana Bulan Beserta Proses Terjadinya. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan serta mengingat kembali pelajaran-pelajaran yang dulu yang pernah ada dibangku sekolah. setelah ini admin juga akan membahas Pengertian Gerhana Matahari Beserta Proses Terjadinya. 

0 Response to "Pengertian Gerhana Bulan Beserta Proses Terjadinya"

Posting Komentar

loading...