Pengertian Penyimpangan Sosial, Faktor, Jenis dan Contohnya

loading...
Pengertian Penyimpangan Sosial, Faktor, Jenis  dan Contohnya –  apa yang dimaksud dengan penyimpangan sosial? Apa saja jenis-jenis penyimpangan sosial? Apa faktor penyebab terjadinya penyimpangan dan seperti apa contoh penyimpangan sosial? Dalam artikel kali ini saya akan menjawab beberapa pertanyaan tersebut secara singkat dan jelas. Langsung saja simak sebagai berikut.

Pengertian Penyimpangan Sosial


Klik Pengertian - definisi penyimpangan secara umum yaitu seluruh tindakan yang menyimpang dari nilai-nilai yang berlaku di suatu sistem sosial dan menimbulkan usaha dari pihak berwenang dalam sistem itu untuk memperbaiki perilaku menyimpang tersebut. Penyimpangan dalam suatu masyarakat tidak berarti merupakan penyimpangan dalam masyarakat lain karena adanya perbedaan standar atau ukuran tentang nilai dan norma.

Pengertian Penyimpangan Sosial, Faktor, Jenis  dan Contohnya

Faktor yang Menjadi Penyebab Penyimpangan Sosial


Terdapat dua Faktor penyebab penyimpangan sosial diantara nya adalah faktor internal dan faktor eksternal. Seperti apa faktor internal tersebut? Faktor internal yaitu intelegensi atau tingkat kecerdasan, usia, jenis kelamin dan kedudukan seseorang dalam keluarga. Contoh faktor internal : seseorang yang tidak normal dan pertambahan usia. Sedangkan faktor eksternal yaitu kehidupan rumah tangga atau keluarga, pendidikan di sekolah, pergaulan dan media massa.  Contoh faktor eksternal : seorang anak yang sering melihat orang tuanya bertengkar dapat melarikan diri pada obat-obatan atau narkoba.

Jenis-Jenis Penyimpangan Sosial


Adapun jenis dari penyimpangan sosial ini sangat banyak sekali kita temui dalam kehidupan sehari-hari, apalagi di jaman yang terkenal dengan tingkat criminal yang tinggi dan meningkat setiap tahunnya. Terdapat 5 jenis penyimpangan sosial antara lain adalah sebagai berikut :

1.  Tindakan Kriminal
2.  Tawuran atau perkelahian antar pelajar
3.  Penyimpanagn seksual
4.  Penyalahgunaan narkotika, obat-obat terlarang dan minuman keras
5.  Hubungan seksual secara bebas

Faktor Pencegahan Penyimpangan Sosial


Dengan melihat penyimpangan sosial yang sangat dikhawatirkan akan merusak generasi penerus bangsa, harusnya kita sebagai warga Negara Indonesia memikirkan bagaimana pencegahan yang harus dilakukan dalam mencegah penyimpangan sosial tersebut. Pencegahan penyimpanag sosial dapat dilakukan agar seseorang tidak terjerumus dalam penyimpangan sosial yang lebih bersifat negatif da merugikan. Adapun faktor yang akan mendukung dalam pencegahan penyimpangan sosial yakni sebagai berikut.

1.  Faktor Media Massa

Di era yang serba modern seperti saat ini dimana anak kecil yang dulunya tidak mengenal gadget, saat ini gadget bagi meraka adalah permainan yang sangat asik. Media massa baik cetak atau elektronik adalah suatu wadah sosialisasi yang dapat mempengauhi kehidupan seseorang. Maka seseorang harus dapat memilah media massa berisi informasi yang baik dan bersifat positif agar terhindar dari penyimpangan sosial.

Baca : Strategi Indonesia Menghadapi Ancaman dari Bebagai Bidang dan Aspek

2.  Faktor Lingkungan dan Teman

Faktor lingkungan dan teman juga sangat berpengaruh watak atau sifat seseorang dan kebiasaan baik/buruk seseorang. karna dalam pergaulan seseorang ditutuntut untuk beradaptasi/menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tinggal dan teman. Maka kita harus pintar dalam memilih teman yang baik sehingga dapat bergaul dengan tidak melanggar norma dan hukum yang berlaku.

3.  Faktor Sekolah

Sekolah saat ini sudah menjadi rumah kedua bagi anak-anak kita. Dan sekolah juga anak-anak mendapatkan ilmu formal.yang diampu selama 6 tahun lamanya. maka sekolah harus memberikan pendidikan moral selain memberikan pendidikan umum.

4.  Faktor Keluarga

Faktor keluarga adalah faktor pencegahan yang paling penting dalam hal ini. Karena peran keluarga termasuk ibu dan ayah sangat bgerpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Keluarga merupakan awal proses sosialisasi dan pembentukan kepribadian seseorang. Kepribadian seseorang akan terbentuk dengan baik apabila dia lahir dan tumbuh berkembang dalam lingkungan keluarga yang baik begitu sebaliknya. Dengan begitu harusnya keluarga memberikan contoh yang baik karna pada periode ini seorang anak hanya akan meniru perilaku orang terdekatnya.

Demikian artikel mengenai Pengertian Penyimpangan Sosial, Faktor, Jenis  dan Contohnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda yang membaca tentang topik yang sudah saya jelaskan diatas. Terima kasih

0 Response to "Pengertian Penyimpangan Sosial, Faktor, Jenis dan Contohnya"

Posting Komentar

loading...