Pengertian, Perbedaan Vasektomi dan Tubektomi

loading...
Pengertian, Perbedaan Vasektomi dan Tubektomi – Apa yang dimaksud dengan Vasektomi dan Tubektomi? Apa perbedaann dari Vasektomi dan Tubektomi? Akan saya bahas satu persatu dalam artikel kali ini. Langsung saja sebagai berikut.

Pengertian Vasektomi dan Tubektomi


Pengertian Vasektomi

Apa yang dimaksud degan Vasektomi? Vasektomi ialah operasi kecil dan merupakan operasi yang lebih ringan dari pada sunat/khitanan pada pria. Bekas operasi hanya berupa satu luka di tengah atau luka kecil di kanan kiri kantong zakar (kantung buah pelir) atau scrotum. Vasektomi berguna untuk menghalangi transport spermatozoa (sel mani) di pipa-pipa sel mani pria (saluran mani pria).

Pengertian, Perbedaan Vasektomi dan Tubektomi


Seperti apa teknik yang dilakukan dalam operasi Vasektomi tersebut? Mula- mula kulit skrotum di daerah operasi di suci hamakan. Kemudian dialkukan anastesi likal dengan larutan xilokain. Anastesi dilakukan di kulit skrotum dan jaringan sekitarnya bagian atas, dan pada jarinagan sekitar vas deferens. Vas dicari dan setalah ditentukan lokasinya, di pegang sedekat mungkin dibawah kulit skrotum. Setelah itu di lakukan sayatan pada kulit skrotum seitar 0,5 sampai 1 cm di dekat tempat vas deferens. Setelah vas deferens kelihatan, di jepit dan dikeuarkan dari sayatan (harus dioyakinkan betul, bahwa memang vas yang dikeluluarkan), vas di potong sepanjang 1 sampai 2 cm dan kedua ujungnya diikat, setelah kulit dijahit, tindakan diulang pada sebelah yang lain.

Efek Samping Operasi Vasektomi


Adakah efek samping yang ditimbulkan dari metode operasi Vasektomi tersebut? Tentu saja ada, diantaranya ialah sebagai berikut.

1.  Setelah vasektomi, tubuh Anda masih memproduksi sperma seperti sebelumnya, hanya tidak lagi dikeluarkan lewat ejakulasi.

2.  Sensasi kenikmatan orgasme tidak berkurang

3.  Cairan sperma menyumbang sekitar 10% dengan volume ejakulasi pada pria yang tidak divasektomi dan tidak signifikan mempengaruhi penampilan, tekstur, bau atau rasa ejakulasi.

4.  Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association pada tahun 1993, ditemukan bahwa pria yang mendapatkan operasi vasektomi lebih rentan terhadap kanker prostat. Namun, kesimpulan studi ini tidak konklusif.

Pengertian Tubektomi

Klik Pengertian – Apa definisi dari Tubektomi? Tubektomi ialah tindakan yang dilakukan pada kedua saluran telur wanita yang menyebabkan wanita tersebut tidak akan hamil atau tidak akan mendapatkan keturunan lagi.

Tubektomi merupakan sebuah alat atau upaya kontrasepsi. Kontrasepsi ini hanya dipakai untuk jangka panjang, walaupun kadang-kadang masih dapat dipulihkan kembali seperti semula. Tubektomi untuk mencegah bertemunya sel telur dan sperma (pembuahan) dengan cara menutup saluran telur tanpa mengubah indung telur dalam rahim. Sebelum melakukan tubektomi terlebih dahulu kita lakukan konseling yaitu tim medis atau konselor harus menyampaikan informasi lengkap dan objektif tentang keuntungan dan keterbatasan berbagai metode kontrasepsi itu. Jangka waktu efektif kontrasepsi, angka kegagalan, komplikasi dan efek samping dan kesesuaian kerja kontrasepsi dengan karakteristik dan keinginan klien
Adapun Tubektomi Kontrasepsi tubektomi pada wanita atau tubektomi yaitu tindakan memotong tuba fallopii/tuba uterina. Tubektomi pada wanita adalah setiap tindakan pada kedua saluran telur wanita atau tuba fallopii yang mengakibatkan wanita tersebut tidak dapat hamil atau tidak menyebabkan kehamilan lagi. Dahulu tubektomi dilakukan dengan jalan laporotomi atau pembedahan vaginal. Sekarang, dengan alat-alat dan teknik baru, tindakan tubektomi dilakukan secara lebih ringan dan tidak memerlukan perawatan di rumah sakit.

Apa Keuntungan dan Kerugian Tubektomi?


Keuntungan dari Tubektomi ini diantaranya ialah sebagai berikut :

1.  Tidak mengganggu kehidupan pasangan
2.  Tidak mempengaruhi libido generatif
3.  Tidak mempengaruhi ASI
4.  Tidak ada perubahan dalam fungsi generatif
5.  Tidak ada efek samping dalam jangka panjang
6.  Perlindungan kehamilan sangat tinggi
7.  Lebih efektif
8.  Lebih aman karena tingkat kegagalan sangat kecil

Lalu kerugian dari Tubektomi diantaranya ialah sebagai berikut :

1.  Tidak terjadi kesuburan
2.  Tidak akan terjadi kehamilan berikutnya sehingga wanita bisa menyesal
3.  Rasa sakit dalam jangka pendek setelah perawatan medis
4.  Metode kontrasepsi ini tidak dapat dipulihkan karena permanen
5.  Kemungkinan infeksi terjadi jika prosedur operasi tidak dilakukan dengan benar

Disamping terdapat keuntungan dan kerugian, Metode kontrasepsi Tubektomi juga memiliki komplikasi atau efek samping yang ditimbulkan diantaranya Infeksi luka, Lebam, Mengalami demam pasca operasi, Ada cedera pada kandung kemih, Nyeri di daerah operasi. demikian artikel mengenai Pengertian, Perbedaan Vasektomi dan Tubektomi, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda yang membacanya. Terima kasih

0 Response to "Pengertian, Perbedaan Vasektomi dan Tubektomi"

Posting Komentar

loading...