Pengertian Masyarakat Multikultular, Ciri dan Karakteristiknya

loading...
Pengertian Masyarakat Multikultular, Ciri dan Karakteristiknya – Apa yang dimaksud dengan Masyarakat Multikultular? Apa ciri-ciri dan Karakteristik yang dimiliki oleh masyrakat Multikultular? Dalam artikel kali ini akan saya bahas informasi seputar pertanyaan-pertanyaan tersebut. Langsung saja simak sebagai berikut.

Pengertian Masyarakat Multikultular Menurut Para Ahli


Klik Pengertian – apa definisi masyarakat multikultular? Masyarakat Multikultular merupakan masyarakat yang terdiri atas bermacam-macam suku bangsa dan budaya. Mengingat pula semboyan Negara kita “Bhineka Tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda namun tetap satu jua.


Pengertian Masyarakat Multikultular, Ciri dan Karakteristiknya


Oleh sebab itu masyarakat Indonesia tergolong masyarakat multikultular, dengan berbagai suku bangsa, khas, budaya, kebiasaan, agama, adat istiadat, mata pencaharian, dan masih banyak lagi perbedaan yang di miliki oleh masyarakat Indonesia, namun meski begitu Indonesia tetap lah satu menjadi Negara kesatuan Republik Indonesia.

Jika dilihat pengertian secara sosiologi, masyarakat multicultural adalah masyarkat yang memiliki keanekargaman budaya, dan keanekaragaman tersebut biasanya berkaitan dengan agama, suku, ras, golongan dan gender. Multikultular berakar pada paham multikultularisme yang menginginkan adanya perlakuan yang sama terhadap berbagai komunitas bermacam-macam budaya yang ada di Indonesia.

Masyarakat multikultural juga termasuk dalam masyarakat beragam budaya yang khas. Kekhasan tersebut terletak dalam hal cara menyikapi keberagaman budaya. Keragaman budaya disikapi dengan mengedepankan kesetaraan antara kelompok budaya yang ada diperlakukan secara sama, dalam arti tidak ada diskriminasi terhadap kelompok budaya yang ada dalam masyarakat.

Dibawah ini juga terdapat beberapa pendapat mengenai Pengertian atau Definisi dari Masyarakat Multikultular Menurut Para Ahli diantaranya adalah sebagai berikut :

1.  J.Nasikun

J.Nasikun menyatakan pendapatnya mengenai definisi dari masyarakat multikultular bahwa suatu masyarakat multikultural bersifat majemuk sejauh masyarakat tersebut secara struktural memiliki subkebudayaan yg bersifat deverse yang di tandai oleh kurang berkembangnya sistem nilai yang disepakati oleh seluruh anggota masyarakat dan juga sistem nilai dari kesatuan sosial, serta sering munculnya konflik sosial.

2.  Clifford Geertz

Clifford Geertz menyatakan pendapatnya mengenai definisi dari masyarakat multikultular bawah masyarakat multikultural merupakan masyarakat yang terbagi ke dalam subsistem yang lebih kurang berdiri dan masing-masing subsistem terikat oleh ikatan primordial.

Baca Juga Artikel : Pengertian Pencemaran Udara

3.  J.S. Furnivall

J.S. Furnivall Menyatakan pendapatnya mengenai definisi dari masyarakat multikultular bahwa masyarakat multikultural adalah suatu masyarakat yang terdiri dari dua atau lebih elemen yang hidup sendiri- sendiri, tanpa ada pembauran satu sama lain di dalam satu kesatuan politik.

Ciri-Ciri Masyarakat Multikultural


Ciri-Ciri Masyarakat Multikultural – setelah kita mengetahui pengertian dari masyarakat multikultular, lalu apa yang menjadi ciri khas dari masyarakat multikultular tersebut?

1. Masyarakat Multikultural sangat Rentan terhadap konflik sosial.

2. Masyarakat Multikultural Memiliki lebih dari subkebudayaan.

3. Masyarakat Multikultural Membentuk sebuah struktur sosial.

4.Masyarakat Multikultural Membagi masyarakat menjadi dua pihak, yaitu pihak yang mendominasi dan yang terdominasi.

Karakteristik Masyarakat Multikultular


Karakteristik Masyarakat Multikultular – setelah kita pahami pengertian serta ciri-ciri dari masyarakat multikultular, kita juga harus mengerti apa saja karakteristik umum yang dimiliki oleh masyarakat multikultular. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1.  Terjadinya segmentasi dalam bentuk kelompok – kelompok yang sering kali memiliki sub  kebudayaan yang satu sama lain berbeda

2.  Secara relative, sering kali mengalami konflik – konflik diantara kelompok yang satu dengan kelompok yang lainnya

3. Secara relatif, integrasi sosial tumbuh diatas paksaan dan ketergantungan didalam bidang ekonomi dan

4. Memiliki struktur sosial yang tebagi – bagi kedalam lembaga – lembaga yang bersifat nonkomplementer

5. Kurang mengembangkan konsensus diantara para anggotanya terhadap nilai – nilai yang bersifat dasar

6.   Adanya dominasi politik oleh suatu kelompok atas kelompok lain.

Demikian artikel mengenai Pengertian Masyarakat Multikultular, Ciri dan Karakteristiknya, semoga semakin menambah wawasan bagi anda dan bermanfaat untuk anda yang sedang membutuhkan informasi seputar artikel ini. Terima kasih

0 Response to "Pengertian Masyarakat Multikultular, Ciri dan Karakteristiknya"

Posting Komentar

loading...