Pengertian Gotong Royong dan Contohnya Dalam Berbagai Kehidupan

loading...
Pengertian Gotong Royong dan Contohnya Dalam Berbagai Kehidupan – Semangat Gotong Royong tentu sudah ditanam sejak kita masih kanak-kanak, dibangku SD, SMP, SMA, Kuliah hingga dalam kehidupan bermasyarakat sekalipun. Dalam artikel kali ini akan saya ulas pula Pengertian Gotong Royong dan Contohnya Dalam Berbagai Kehidupan.


Pengertian Gotong Royong


Klik Pengertian – apa yang dimaksud dengan gotong royong? Dari kalimatnya Gotong Royong dapat diartikan sebagai sebuah kerja sama atau  bekerja secara kelompok antara sejumlah warga masyarakat untuk menyelesaikan sesuatu atau pekerjaan tertentu yang dianggap berguna untuk kepentingan dan kesejahteraan bersama.

Pengertian Gotong Royong dan Contohnya Dalam Berbagai Kehidupan


Atau dalam arti lain Gotong Royong dapat juga diartikan sebuah prinsip kerja sama, dimana sekelompok ornag didalamnya dapat saling membantu tanpa imbalan lansung yang diterimanya yang hasilnya untuk kepentingan bersama / kepentingan umum. Gotong royong ini sudah ada sejak zaman nenek moyang kita yang juga termasuk dalam budaya bangsa Indonesia yang dilaksanakan oleh seluruh warga masyarakat sesuai dengan kegiatan masing-masing dalam setiap desa atau daerah tertentu.

Semangat dalam gotong royong ini juga dilakukan dan diterapkan dalam kegiatan bermasyarkat karena manusia termasuk dalam makluk sosial dimana manusia tidaklah dapat hidup atau berdiri sendiri tanpa adanya bantuan dari oranglain. Sebagai Manusia juga perlu menyusaikan dirinya dengan masyarakat lingkungannya guna menjaga hubungan baik dengan sesama untuk mengikat persaudaraan antar tetangga-tetangga didalam suatu lingkungan tersebut.

Contoh Gotong Royong dalam Berbagai Kehidupan


Setelah kita mengetahui Pengertian atau Definisi dari Gotong Royong diatas, dibawah ini akan saya sajikan pula seperti apa Contoh Gotong Royong, yakni dalam Berbagai Kehidupan. Dalam kehidupan sehari-hari dalam lingkungan masyarakat maupun dalam lingkungan keluarga. Langsung saja simak sebagai berikut.

1. Contoh Gotong Royong dalam Lingkungan Bermasyarakat

Banyak sekali contoh dari gotong royong dalam lingkungan bermasyarakat. Salah satunya ialah gotong royong dalam membersihkan masjid atau jalanan yang dipenuhi sampah. Atau gotong royong dalam membangun infrastruktur daerah seperti pembangunan jalan asapal. Atau membangun sebuah objek wisata dalam sebuah desa demi meningkatkan pendapatan desa yang kelak akan digunakan untuk melestarikan objek wisata yang dibangun bersama tersebut. Dan masing banyak contoh gotong royong dalam lingkungan bermasyarakat lainnya.



Baca Juga Artikel : Pengertian dan Contoh Hak Angket

2. Contoh Gotong Royong dalam Lingkungan Keluarga


gotong royong dalam lingkungan keluarga

Contoh gotong royong dalam lingkungan keluarga ialah masing-masing dari anggota keluarga menjalankan tugasnya sesuai dengan kesepakatan bersama, contohnya adalah ibu memasak dan anak ikut membantu mengupas bawang, mengiris cabe dan lain sebagainya. Intinya sebuah kegiatan atau pekerjaan dalam sebuah keluarga yang dilakukan secara bersama-sama.

3. Contoh Gotong Royong dalam Lingkungan Sekolah


Contoh Gotong Royong dalam Lingkungan Sekolah


Contoh dari gotong royong dalam lingkungan sekolah salah satunya ialah melangsungkan kegiatan mingguan seperti kerja bakti, guna memelihara kelestarian dan kebersihan sekolah, misalnya mencabut rumput, menanam pohon dilingkungan sekolah agar terlihat asri, membersihkan ruangan kelas, semua siswa mengadakan belajar bersama dan lain sebagainya.

Tujuan dan Manfaat Gotong Royong dalam Berbagai Segi Kehidupan


Gotong royong memiliki banyak manfaat bagi kehidupan bermasyarakat. Terdapat 10 manfaat gotong royong yang saya sajikan dan rangkum melalui beberapa sumber. Diantara nya adalah akan saya ulas sebagai berikut.

1.  Menumbuhkan solidaritas dan kebersamaan

2.  Meningkatkan produktifitas kerja

3.  Menghemat waktu dan tenaga produktivitas kerja

4.  Mendorong timbulnya semangat kekeluargaan

5.  Memperkukuh persatuan dan kesatuan

6.  Mempererat tali persaudaraan

7.  Membantu umat manusia yang membutuhkan bantuan atau pertolongan

8.  Dapat meringankan pekerjaan yang berat menjadi ringan dan cepat terselesaikan

9.  Dapat memupuk kehidupan bermasyarakat, berbagsa dan bernegara

10. yang terakhir ialah mendapatkan pahala dari Allah SWT

Demikian artikel mengenai Pengertian Gotong Royong dan Contohnya Dalam Berbagai Kehidupan. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas contoh gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat, keluarga dan sekolah. Semoga bermanfaat bagi anda yang membaca. Dan semakin meningkatkan kita  terhadap kesadaran pentingnya ber gotong royong dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih.

0 Response to "Pengertian Gotong Royong dan Contohnya Dalam Berbagai Kehidupan"

Posting Komentar

loading...