Jelaskan Pentingnya Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

loading...
Jelaskan Pentingnya Kesadaran Berbangsa dan Bernegara – Apa yang dimaksud dengan kesadaran berbangsa dan bernegara?dan apa pentingnya memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara tersebut? Dalam postingan kali ini saya akan menjawab pertanyaan tersebut. Simak penjelasannya sebagai berikut.


Pengertian Berbangsa dan Bernegara


Klik Pengertian – apa pengertian berbangsa dan bernegara? Baik kita jelaskan satu – persatu. Berbangsa merupakan manusia yang memiliki dasar etika, moral, serta mempunyai akhlak mulia dalam bersikap untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia seperti bunyi sila ke-5 pancasila.

Jelaskan Pentingnya Kesadaran Berbangsa dan Bernegara


Sedangkan bernegara, bernegara adalah manusia yang memiliki kepentingan yang sama dalam menyatakan dirinya sebagai satu bangsa serta berproses di dalam satu wilayah nusantara atau indonesia dan mempunyai cita cita yg berlandaskan niat untuk bersatu secara emosional dan rasional dalam membangun rasa nasionalisme secara ekletis kedalam sikap perilaku antar yang berbeda ras,agama,asal keturunan,adat istiadat, kebiasaan,bahasa,dan sejarah, dan perbedaan lainnya.

Pentingnya Kesadaran Berbangsa dan Bernegara


Pentingnya Kesadaran Berbangsa dan Bernegara - Mengingat kondisi bangsa kita sekarang, merupakan salah satu indikator bahwa warga bangsa Indonesia di negeri ini telah mengalami penurunan kesadaran berbangsa dan bernegara.  Kesadaran Berbangsa dan Bernegara  mempunyai makna bahwa individu yang hidup dan terikat dalam kaidah dan naungan di bawah Negara Kesatuan RI harus mempunyai sikap dan perilaku diri yang tumbuh dari kemauan diri yang dilandasasi keikhlasan/kerelaan bertindak demi kebaikan Bangsa dan Negara Indonesia.

Dalam pentingnya berbangsa dan bernegara hendaknya Pemerintah pun turut bertanggung jawab mengemban amanat untuk memberikan kesadaran berbangsa dan bernegara bagi warganya, bila rakyat bangsa Indonesia sudah tidak memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, maka ini merupakan bahaya besar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, yang mengakibatkan bangsa ini akan jatuh ke dalam kondisi yang sangat parah bahkan jauh terpuruk dari bangsa-bangsa yang lain yang telah mempersiapkan diri dari gangguan bangsa lain yang dapat membuat Negara NKRI ini tidak aman dari serangan Negara luar, mengingat dahulu Indonesia pernah di jajah, jangan sampai hal itu terulang kembali.

Kita sebagai rakyat Indonesia pun selayaknya turut menjaga pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara demi menjaga kesejahteraan tanah air. Kesadaran bela negara adalah  dimana kita berupaya untuk mempertahankan negara kita dari ancaman yang dapat mengganggu kelangsungan hidup bermasyarakat yang berdasarkan atas cinta tanah air. Kesadaran bela negara juga dapat menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme di dalam diri masyarakat.

Nilai-Nilai Kesadaran Bela Negara dalam Berbangsa dan Bernegara


1.  Sikap Rela Berkorban demi Bangsa dan Negara

Sikap rela berkorban perlu ditanamkan dalam diri kita sebagai warga Negara. Dalam wujud bela negara tentu saja kita harus rela berkorban untuk bangsa dan negara. Contoh nyatanya seperti para atlet Indonesia. Para atlet bekerja keras untuk bisa mengharumkan nama negaranya walaupun mereka harus merelakan untuk mengorbankan waktunya untuk bekerja sebagaimana kita ketahui bahwa para atlet bukan hanya menjadi seorang atlet saja, mereka juga memiliki pekerjaan lain. Begitupun supporter yang rela berlama-lama menghabiskan waktunya antri hanya untuk mendapatkan tiket demi mendukung langsung para atlet yang berlaga demi mengharumkan nama bangsa dan Negara Indonesia.

Baca : Pengertian Gotong Royong dan Contohnya Dalam Berbagai Kehidupan

2.  Cinta Tanah Air

Cinta tanah air menjadi salah satu point penting dalam menjaga nilai-nilai kesadaran berbangsa dan bernegara. Kesadaran bela negara yang ada pada setiap masyarakat didasarkan pada kecintaan kita kepada tanah air kita. Kita dapat mewujudkan itu semua dengan cara kita mengetahui sejarah negara kita sendiri, melestarikan budaya-budaya yang ada, menjaga lingkungan kita dan pastinya menjaga nama baik negara kita.

3.  Ideologi Pancasila

Pancasila yang merupakan ideology bangsa ini menjadi salah satu nilai yang harus diperhatikan demi mewujudkan kesadaran bela Negara yang berbangsa dan bernegara. Ideologi kita warisan dan hasil perjuangan para pahlawan sungguh luar biasa, pancasila bukan hanya sekedar teoritis dan normatif saja tapi juga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Kita tahu bahwa Pancasila adalah alat pemersatu keberagaman yang ada di Indonesia yang memiliki beragam budaya, agama, etnis, dan lain-lain. Nilai-nilai pancasila inilah yang dapat mematahkan setiap ancaman, tantangan, dan hambatan dari dalam maupun luar. Asal kita dapat memahami arti penting dari ideology tersebut.

4.  Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

Sikap yang harus kita hadirkan dalam kehidupan sehari-hari adalah kesadaran dalam berbangsa dan bernegara. Sikap yang harus sesuai dengan kepribadian bangsa yang selalu dikaitkan dengan cita-cita dan tujuan hidup masyarakat dan bangsanya. Kita dapat mewujudkannya dengan cara mencegah perkelahian atau tauran yang marak terjadi seperti sekarang ini antar perorangan atau antar kelompok dan menjadi anak bangsa yang berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional sehingga dapat mengharumkan nama baik bangsa dan negara.

5.  Kemampuan Bela Negara

Kesadaran bela negara dapat diwujudkan dengan cara ikut dalam mengamankan lingkungan sekitar seperti menjadi bagian dari Siskamling, membantu korban bencana sebagaimana kita ketahui bahwa Indonesia sering sekali mengalami bencana alam, menjaga kebersihan minimal kebersihan tempat tinggal kita sendiri, mencegah bahaya narkoba yang merupakan musuh besar bagi generasi penerus bangsa, mencegah perkelahian antar perorangan atau antar kelompok karena di Indonesia sering sekali terjadi perkelahian yang justru dilakukan oleh para pemuda, cinta produksi dalam negeri agar Indonesia tidak terus menerus mengimpor barang dari luar negeri, melestarikan budaya Indonesia dan tampil sebagai anak bangsa yang berprestasi baik pada tingkat nasional maupun internasional.

Kemampuan bela negara itu sendiri dapat diwujudkan dengan tetap menjaga kedisiplinan, ulet, bekerja keras dalam menjalani profesi masing-masing. Apabila kita  mengajarkan dan melaksanakan apa yang menjadi faktor-faktor pendukung kesadaran berbangsa dan bernegara sejak dini, yakni dengan mengembalikan sosialisasi pendidikan kewarganegaraan di sekolah-sekolah, juga sosialisasi di masyarakat,niscaya akan terwujud.

Sekian artikel mengenai Pentingnya Kesadaran Berbangsa dan Bernegara. Semoga dapat bermanfaat sekaligus dapat meningkatkan kesadaran Berbangsa dan Bernegara dan dapat meningkatkan paham kita terhadapat bela Negara demi menjaga keutuhan bangsa indonesia. 

0 Response to "Jelaskan Pentingnya Kesadaran Berbangsa dan Bernegara"

Posting Komentar

loading...