Strategi Indonesia Menghadapi Ancaman dari Bebagai Bidang dan Aspek

loading...
Strategi Indonesia Menghadapi Ancaman dari Bebagai Bidang dan Aspek – Bagaimana sikap bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman dari berbagai bidang dan aspek? Dalam postingan kali ini saya akan  menjawab secara tuntas pertanyaan tersebut. Langsung saja simak sebagai berikut.

Strategi Indonesia Menghadapi Ancaman dari Bebagai Bidang dan Aspek


Perlu adanya sebuah strategi yang kuat yang dibutuhkan oleh bangsa Indonesia ini untuk menjaga pertahanan dan keamanan Negara Indonesia. Tentunya strategi yang didasari pada sebuah sistem. Mengingat canggihnya teknologi pada zaman seperti saat ini.


Strategi Indonesia Menghadapi Ancaman dari Bebagai Bidang dan Aspek


Sebuah sistem pertahanan dan keamanan Negara ini pada semua rakyat Indonesia merupakan suatu bentuk upaya atau strategi guna menjaga pertahanan dan keamanan dengan cara mengandalkan partisipasi dari rakyat disetiap wilayah Indonesia, sarana dan prasarana serta dengan seluruh sumber daya yang kita miliki. Sistem pertahanan dan keamanan ini biasanya disebut dengan “Sishankamrakta”.

Klik Pengertian - Sishankamrakta ini pada dasarnya dilandasi oleh sebuah asas hak dan kewajiban semua warga Indonesia yang diimbangi dengan keyakinan dan kesadaran dalam membela dan mempertahankan utuhnya tanah air dan kehidupan bangsa ini. Apa saja kah ancaman yang dapat menyerang Negara Indonesia? Terdapat 5 ancaman, yaitu diantaranya adalah Ancaman di bidang militer, Ancaman di bidang politik, Ancaman di bidang ekonomi, Ancaman di bidang sosial dan budaya, yang terakhir adalah Ancaman di bidang ideologi.

Ada beberapa aspek sistem pertahanan dan keamanan Negara yang sudah diterapkan oleh Negara Indonesia diantaranya yaitu Aspek kerakyatan (Orientasi dalam hl pertahanan dan keamanan yang didasarkan untuk kepentingan rakyat), Aspek semesta (Kesemestaan disini bermaksud segala sumber daya dalam lingkup nasional digunakan untuk upaya pertahanan dan keamanan Indonesia), Aspek wilayah (Seluruh kekuatan dalam hal pertahanan dilakukan secara menyebar sesuai dengan keadaan geografis masing masing wilayah).


Hal tersebut tentunyta bertujuan agar penggunaan dan pengarahan pertahanan yang sudah diupayakan Indoensia dapat terwujud dan terlaksanan secara efisien dan efektif. Dan cara Untuk menciptakan tujuan tersebut, maka diperlukan adanya keterpaduan dan kesinambungan yang sinergis antar unsur unsurnya seperti unsur antar militer yang berbeda maupun unsur militer dengan non militer. Kesinambungan antar unsur unsur inilah yang nantinya akan menjadi strategi upaya Indonesia dalam menghadapi ancaman militer dan non militer yang datang di berbagai bidang.


Strategi Indonesia dalam Menghadapi Ancaman Militer


Seperti apa Strategi Indonesia dalam Menghadapi Ancaman Militer? Salah satu upaya atau usaha yang dilakukan indonesia untuk menghadapi ancaman militer lainnya adalah dengan melakukan penertiban dan pencegahan masalah. Untuk mewujudkan upaya menghadapi ancaman tersebut dibentuklah lembaga lembaga hukum dan militer seperti kepolisian, TNI dan lembaga lain yang menyangkut penegakan hukum.

Strategi Indonesia dalam Menghadapi Ancaman Politik

Walaupun hal ini terlihat sepele, akan  tetapi ancaman politik merupakan salah satu ancaman yang sangat sulit untuk  kita hadapi. Mengapa? Karena Ancaman ini dapat memecah belah suatu anggota kelompok dalam suatu bangsa. Jika terjadi perpecahan kelompok akibat perbedaan paham politik maka lama kelamaan bangsa akan terpecah belah. Maka, Untuk menghadapi ancaman ini, strategi indonesia dalam menghadapi ancaman politik yakni dengan memperkuat asas kebersamaan dan persatuan yang telah dirumuskan dalam perundang undangan (UUD 1945). Hal ini juga ditegaskan dalam sila ke-3 pancasila yang berbunyi "Persatuan Indonesia". Kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan agar Indonesia tidak terpecah belah juga sangat diperlukan agar strategi menghadapi ancaman politik ini dapat berjalan dengan baik.

Strategi Indonesia dalam Menghadapi Ancaman Ekonomi


Bidang ekonomi merupakan salah satu bidang terpenitng bagi bangsa indonesia yang menjadi titik vital suatu negara karena berhubungan langsung dengan kesejahteraan suatu bangsa.  Untuk menanggapi hal tersebut, maka pembangunan ekonomi ini tentu sangatlah diperlukan dan harus dilakukan secara sangat hati hati. Terlebih lagi pada saat sekarang ini telah diselenggarakan pasar bebas ASEAN, dengan ini diharapkan Indonesia mampu memperbaiki pertumbuhan ekonomi dengan cara meningkatkan produktivitas barang dalam negeri. Dalam rangka menghadapi ancaman ekonomi, sistem serta upaya mempertahankan keutuhan negara ditempuh dengan melakukan pembangunan pada pertumbuhan ekonomi melalui sistem penataan ekonomi nasional. Tujuan dilakukannya penataan ini adalah untuk mewujudkan stabiilitas ekonomi yang akan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat, bangsa dan negara Indonesia.

Adapun upaya dan usaha Negara Indonesia dalam mengahadapi ancaman di bidang ekonomi ini adalah dengan Menciptakan lapangan kerja baru dalam skala yang besar dengan tujuan memberantas kemiskinan, Melakukan pembngunan infrastruktur dalam negeri, Menciptakan sebuah iklim usaha secara kondusif, Memanfaatkan teknogoli secara tepat guna untuk pemerataan lapangan kerja, Tidak terlalu bergantung pada import produk dari luar negeri.

Strategi Indonesia dalam Menghadapi Ancaman Sosial dan Budaya

Adapun upaya dan usaha yang dilakakan oleh Negara Indonesia dalam mengahadapi ancaman di bidang Sosial dan Budaya ini antara lain dengan Memelihara keselarasan dan keseimbangan fundamental, Meningkatkan kesadaran akan pentingnya bertoleransi, Menghargai adanya perbedaan.
Strategi Indonesia dalam Menghadapi Ancaman Ideologi

Adapun upaya dan usaha yang dilakakan oleh Negara Indonesia dalam mengahadapi ancaman di bidang Ideologi ini yaitu dengan Menumbuhkan rasa nasionalisme pada generasi muda melalui pembelajaran kewarganegaraan (PKN), Menerapkan paham pancasila dalam segala aktivitas berbangsa dan bernegara, Ikut serta membela dan menjaga keutuhan bangsa dan negara.

Bagaimana ? sudah terjawab pertanyaan mengenai Strategi Indonesia Menghadapi Ancaman dari Bebagai Bidang dan Aspek, diantara nya bidang kemiliteran, politik, ekonomi, sosial dan budaya, serta ideology. Semoga bermanfaat dan kita sebagai warga Negara Indonesia turut serta dalam upaya menjaga keutuhan tanah air  tercinta ini, sehingga yang harus kita lakukan adalah senantiasa menumbuhkan rasa saling memiliki dan tanggungjawab yang besar guna menjaga keutuhan bangsa ini.

0 Response to "Strategi Indonesia Menghadapi Ancaman dari Bebagai Bidang dan Aspek"

Posting Komentar

loading...