Rumus Mencari Jarak Sebenarnya

loading...
Rumus Mencari Jarak Sebenarnya – Bagaimana rumus  mencari jarak sebenarnya? Dalam postingan ini akan saya jabarkan rumus mencari jarak sebenarnya. Beserta contoh soal dan penyelesaiannya lengkap. Langsung saja kita simak sebagai berikut.


Rumus Mencari Jarak Sebenarnya


Dalam menentukan jarak sebenarnya (Skala Peta), hal pertama yang harus kita ketahui adalah apa yang dimaksud dengan skala?? Skala peta yaitu angka perbandingan antara jarak dua titik diatas peta dengan jarak sebenarnya diatas permukaan bumi.

Dalam skala peta, skala 1 : 50.000, jarak 1 cm pada peda berarti 50.000 cm atau 500 meter atau 0,5km jarak sebenarnya. dan peta skala 1:25.000, jarak 1 cm di peta berarti 25.000 cm atau 250 meter atau 0,25 km jarak sebenarnya. Dan perbandingan seterusnya seperti itu.

Rumus Mencari Jarak Sebenarnya


Adapun rumus dari skala ialah :

Rumus Mencari Jarak Sebenarnya
Rumus Mencari Jarak Sebenarnya

Dan rumus jarak pada gambar adalah sebagai berikut :
rumus jarak pada gambar
Rumus mencari jarak pada Gambar


Untuk lebih mempermudah anda dalam memahami, saya akan berikan contoh soal dan penyelesaian nya, dapat disimak sebagai berikut :


Contoh soal Mencari Jarak Sebenarnya (Skala Peta)


1.  Diketahui jarak kabupaten Sleman dan Kelurahan Condong catur pada peta adalah 2 cm. Sementara skala peta tersebut adalah 1 : 200.000. Berapa jarak sebenarnya kabupaten Sleman dan Kelurahan Condong catur yang terletak di Yogyakarta tersebut?

Penyelesaian  :
Diketahui :

Jarak pada peta    = 2 cm 
Skala Peta            = 1 :200.000

Jarak Sebenarnya = 2 cm x (200.000/1)
Jarak Sebenarnya = 400.000 cm atau 4000 m atau 4 km
Kesimpulan, Jadi jarak sebenarnya antara kabupaten Sleman dan Kelurahan Condong catur adalah sejauh 4 km.

2.  Diketahui jarak pada peta antara kabupaten Sleman dan Kelurahan Condong catur adalah 30 cm. dengan skala peta tersebut adalah 1 : 200.000. Berapakah jarak sebenarnya antara dua kelurahan itu?
Penyelesaian :
Dalam menjawab soal diatas gunakan rumus mencari jarak sebenarnya seperti pada gambar diatas yakni :

Jarak sebenarnya = 30 cm x 200.000 = 6.000.000 cm
Kesimpulan, Jadi jarak sebenarnya antara kabupaten Sleman dan Kelurahan Condong catur adalah 40.000 meter atau 40 km.

Tipe-Tipe Skala


Klik Pengertian - Dalam skala terdapat 2 Tipe Skala, diantaranya adalah Skala Numerik (Skala Angka) dan Skala Grafis (Skala Garis tau Balok), yang dimaksud skala numerik adalah skala yang dinyatakan dengan angka, seperti contoh soal diatas. Letak skala angka terdapat pada bagian kanan atas peta dan juga di bagian tengah bawah. Biasanya terletak diatas skala grafis.
Sedangkan Skala Garis atau Balok terletak di bagian tengah bawah dan untuk RBI pada umumnya dinyatakan dalam kilometer. Skala Grafis atau Skala Balok ini dinyatakan dalam bentuk unit atau batang dan disertai juga nilai per unit nya. contoh Skala Garis atau Skala Balok adalah sebagai berikut : 

Contoh Skala Garis atau Skala Balok
Contoh Skala Garis atau Skala Balok


Contoh Skala Garis atau Skala Balok : satu unit batang mempunyai satuan panjang 4 km; satuan ini dapat dibagi lagi menjadi 20 bagian. Jadi satu bagian kecil adalah 800 meter.

Demikianlah artikel mengenai Rumus Mencari Jarak Sebenarnya, semoga dengan adanya postingan ini dapat membantu anda dalam mempelajari dan menjawab soal mengenai mencari skala peta, cara menghitung skala pada peta, rumus jarak pada peta, cara menghitung skala peta, cara mencari jarak pada peta, cara menghitung skala, rumus skala peta, rumus mencari skala, skala peta, cara mencari skala, rumus jarak sebenarnya, cara menghitung skala pada peta, rumus jarak pada peta, rumus mencari jarak sebenarnya, cara menghitung skala peta, cara menghitung perbandingan skala, rumus skala matematika, rumus perbandingan skala dan cara mencari jarak sesungguhnya. Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Rumus Mencari Jarak Sebenarnya"

Posting Komentar

loading...