Peristiwa yang dapat Menimbulkan Pecahnya Bangsa Indonesia

loading...
Peristiwa yang dapat Menimbulkan Pecahnya Bangsa Indonesia – Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan singkat mengenai sebenarnya apa saja sih peristiwa-peristiwa yang dapat menimbulkan pecahnya persatuan dan  kesatuan bangsa Indonesia ini? Anda penasaran? Langsung saja kita simak penjabaran berikut ini.


Peristiwa yang dapat Menimbulkan Pecahnya Bangsa Indonesia


Namun sebelumnya Negara kita ini yaitu wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tentunya sudah kita ketahui Negara yang kaya akan sumber daya alam yang melimpah, yang luas nan subur, hal tersebut merupakan salah satu karunia dari Tuhan yang Maha Esa untuk kita semua sebagai rakyat Indonesia.

Peristiwa yang dapat Menimbulkan Pecahnya Bangsa Indonesia


Klik Pengertian - Dan semua rakyak Indonesia hendaknya wajib dalam memelihara kekayaan tersebut dengan sebaik-baiknya. Dan berusaha semaksimal mungkin agar kekayaan tersebut akan tetap utuh selamanya. Mengapa demikian? Keutuhan Negara republik Indonesia sangat penting  untuk dipertahankan bersama guna kemakmuran, dan kesejahteraan bangsa Indonesia ini.

Adapun dalam setiap Negara atau bangsa memiliki ancaman-ancaman tersendiri, baik ancaman dari dalam maupun dari luar. Acaman yaitu suatu kegiatan usaha yang dinilai dapat membahayakan kedaulatan sebuah Negara , keutuhan wilayahnya dan keselamatan warga didalamnya baik dari dalam maupun luar negeri.

Dan keutuhan yang berasal dari kata utuh yang memiliki arti tetap atau tidak berkurang sesuai dengan aslinya, atau tidak berubah atau tidak terbagi-bagi. Lalu apa kah keutuhan Negara itu? Keutuhan Negara ialah bahwa Negara memiliki wilayah yang tidak terbagi-bagi namun merupakan suatu kesatuan yang utuh, baik dari daratan, lautan, udara didalam sebuah naungan Negara.

Lalu apa sebenarnya Peristiwa yang dapat Menimbulkan Pecahnya Bangsa Indonesia ini?salah satunya ialah memudarnya rasa nasionalisme dan patriotisme didalam diri kita. Hal ini tentu menjadi ancaman yang dapat mengancam dan menghancurkan bangsa Indonesia. Hal tersebut terjadi dikarenakan ketahanan nasional akan menjadi lemah dan dapat dengan mudahnya ditembus oleh pihak luar atau tidak adanya benteng yang kokoh didalam Negara ini bisa saja Indonesia dijajah oleh pihak luar. Bangsa Indonesia sudah dijajah sedari dulu sejak rasa nasionalisme dan patriotisme pemuda memudar. Bukan dijajah dalam bentuk fisik, namun dijajah secara mental dan ideology.

Kasus yang Mengancam Pecahnya Bangsa Indonesia


Seperti yang kita ketahui bahwa sangat banyak sekali kebudayaan dan paham barat yang masuk ke dalam bangsa Indonesia. Kemampuan local genius bangsa sudah tidak lagi berjalan dengan seharusnya. Sehingga banyak budaya dan paham barat yang berpengaruh negatif dapat dengan mudah masuk dan diterima oleh bangsa Indonesia. Dengan terjadinya hal itu, maka akan terjadi akulturasi, bahkan hal tersebut dapat menghilangnya kebudayaan dan kepribadian bangsa yang seharusnya menjadi jati diri bangsa.

Dalam aspek-aspek perekonomian Negara indonesia, dengan telah memudarnya rasa nasionalisme dan patriotisme pemuda, dapat mengakibatkan perekonomian sebuah bangsa Indonesia ini akan jauh tertinggal dari Negara-negara tetangga. Pada Saat ini masyarakat Indonesia hanya memikirkan apa yang Negara berikan untuk mereka, bukan memikirkan apa yang mereka dapat berikan pada Negara. Dengan keegoisan inilah, masyarakat lebih menuntut hak daripada kewajibannya sebagai warga Negara. Sikap individual yang lebih mementingkan diri sendiri dan hanya memperkaya diri sendiri tanpa memberikan retribusi pada Negara, mengakibatkan perekonomian Negara semakin lemah.

Sebab - Sebab Melunturnya Nasionalisme Bangsa Indonesia


Mengapa hal ini dapat terjadi? Tentu ada sebab nya mengapa memudar dan melunturnya Nasionalisme Bangsa? Hal ini diperkuat  juga dengan berbagai sikap dalam memaknai berbagai peristiwa penting bagi Negara Indonesia . adapun contoh sederhana nya digambarkan sebagai berikut :
1.  Kurangnya kesadaran masyarakat “hanya” untuk memasang bendera di depan rumah, kantor atau pertokoan. Dan bagi yang tidak mengibarkannya mereka punya berbagai macam alas an entah benderanya sudah sobek atau tidak punya tiang bendera, malas , cuaca buruk, dan lain-lain. Mereka mampu membeli sepeda motor baru, baju baru tiap tahun yang harganya ratusan bahkan jutaan  tapi mengapa untuk bendera merah putih yang harganya tidak sampai ratusan saja mereka tidak sanggup?hal ini sungguh sangat memperihatinkan bukan? Bagaimana Negara kita dapat maju jika masyarakat didalam nya saja tidak perduli terhadap Negara sendiri.

2.  Lebih tertariknya masyarakat terhadap produk impor dibandingkan dengan produk buatan dalam negeri,lebih banyak mencampurkan bahasa asing dengan bahasa Indonesia untuk meningkatkan gengsi, dan lain-lain.

3. Pada peringatan hari-hari besar nasional, seperti Sumpah Pemuda, hannya dimaknai sebagai serermonial dan hiburan saja tanpa menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme dalam benak mereka.
4.  Pada saat upacara bendera, masih banyak rakyat yang tidak memaknai arti dari upacara tersebut. Upacara merupakan wadah untuk menghormati dan menghargai para pahlawan yang telah berjuang keras untuk mengambil kemerdekaan dari tangan para penjajah. Para pemuda seakan sibuk dengan pikirannya sendiri, tanpa mengikuti upacara dengan khidmad.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa Peristiwa yang dapat Menimbulkan Pecahnya Bangsa Indonesia adalah memudarnya rasa nasionalisme dan patriotisme didalam diri kita sebagai rakyat Indonesia, kurang pedulinya terhapat peristiwa penting seperti saat tanggal 17 Agustus tidak mau mengikuti upacara bendera.dan masih banyak lagi. Solusi nya adalah kita sebagai rakyat Indonesia harusnya lebih peduli dan memegang teguh rasa nasionalisme dan patriotisme terutama didalam diri kita sendiri dulu.

Demikian artikel mengenai Peristiwa yang dapat Menimbulkan Pecahnya Bangsa Indonesia. Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang membaca dan memberikan kesadaran yang tinggi bagi anda untuk lebih peduli terhadap bangsa kita ini.

0 Response to "Peristiwa yang dapat Menimbulkan Pecahnya Bangsa Indonesia"

Posting Komentar

loading...