Pengertian Yaumul Barzah, Yaumul Ba’ats, Yaumul Mahsyar, Yaumul Mizan dan Yaumul Hisab

loading...
Pengertian Yaumul Barzah, Yaumul Ba’ats, Yaumul Mahsyar, Yaumul Mizan dan Yaumul Hisab – hari akhir atau hari kiamat jelas terjadi akan datangnya, namun hari tersebut sudah menjadi ketentuan Allah, dan hanya menjadi rahasia-Nya saja. Tak ada seorangpun  makhluk Allah yang mengetahui datangnya hari kiamat, sekalipun itu malaikat.

Pengertian Yaumul Barzah, Yaumul Ba’ats, Yaumul Mahsyar, Yaumul Mizan dan Yaumul Hisab


Pengertian Yaumul Barzah, Yaumul Ba’ats, Yaumul Mahsyar, Yaumul Mizan dan Yaumul Hisab



Hari akhir atau hari kiamat memiliki nama-nama lain yang lumayan banyak, hari –hari tersebut yaitu hari yang Allah gambarkan mengenai keadaan hari kiamat sejak manusia dilahirkan, dihisab dan mendapatkan balasan dari Allah S.W.T dari apa yang telah ia perbuat selama di dunia. berbicara mengenai hari akhir, apa pengertian dari Yaumul Barzah, Yaumul Ba’ats, Yaumul Mahsyar, Yaumul Mizan dan Yaumul Hisab? disini saya akan menjawab pertanyaan tersebut, namun sebelumnuya, Adapun nama-nama hari akhir diantara nya ialah :

30 Nama Hari Akhir/Hari Kiamat


1.  Yaumul Akhir yaitu hari akhir.

2.  Yaumul 'Ard yaitu hari pertontonan.

3.  Yaumul Asir yaitu hari sulit.

4.  Yaumul ba'ast yaitu  hari kebangkitan.

5.  Yaumul Barzah yaitu hari penantian.

6.  Yaumul Fashl yaitu hari pemisahan.

7.  Yaumul Gasyiyah yaitu hari pembalasan.

8.  Yaumul Haq yaitu hari kebenaran.

9.  Yaumul Haqqah yaitu yaitu hari kepastian.

10.  Yaumul Hisab yaitu hari perhitungan.

11.  Yaumul Jamak yaitu hari pengumpulan.

12.  Yaumul Jaza yaitu hari pembalasan.

13.  Yaumul Khulud yaitu hari yang kekal.

14.  Yaumul Mahsyar yaitu hari berkumpul.

15.  Yaumul Mizan yaitu hari pertimbangan.

16.  Yaumul Qariah yaitu hari keributan.

17.  Yaumul Qiyamah yaitu hari kiamat.

18.  Yaumul Waid yaitu hari ancaman.

19.  Yaumul Waqi'ah yaitu hari kejatuhan.

20.  Yaumun la raiba fihi yaitu hari yang tidak ada lagi keraguan padanya.

21.  Yaumun Nusyur yaitu hari kebangkitan.

22. Yaumur Rajifah yaitu hari lindu besar.

23.  Yaumus Sa'iqah yaitu hari keguncangan.

24.  Yaumut Tagabun yaitu hari terbukanya segala keguncangan.

25.  Yaumut Talaq yaitu hari pertemuan.

26.  Yaumut Tammah yaitu hari bencana agung.

27.  Yaumut Tanad yaitu hari panggilan.

28.  Yaumuz Zalzalah yaitu hari keguncangan atau keruntuhan.

29. Yaumu Din yaitu hari keputusan.

30. Yaumu la tajzi nafsun an nafsin syaian yaitu hari yang tidak dapat seseorang diberi ganjaran oleh yang lain sedikit pun.

Beberapa Hal yang Berkaitan dengan Hari Kiamat


Klik Pengertian - Diatas ialah penjelasan singkat mengenai hari akhir. Namun disni saya akan menjelaskan hal-hal inti yang terkait dengan datangnya hari kiamat secara terperinci apa yang dimaksud dengan Yaumul Barzah, Yaumul Ba’ats, Yaumul Mahsyar, Yaumul Mizan dan Yaumul Hisab, ialah sebagai berikut :

1.  Yaumul Barzah, Adapun Dalil mengenai yaumul Barzah dijelaskan dalam firman Allah Swt. dalam surah Al-Mu'minun ayat 100. Barzah yang berarti batas atau penantian, sedangkan yang dimaksud dengan alam Barzah yaitu batas antara alam fana atau dunia dengan alam baka atau alam akhirat. Alam Barzah juga disebut alam kubur. Di alam Barzah manusia sudah dapat merasakan balasan amal baik dan amal buruk yang dilakukan selama ada di dunia. Apabila melakukan kejahatan selama hidupnya didunia, seseorang akan merasakan balasannya, yakni siksa kubur yang nyata. Sebaliknya, orang yang berbuat kebaikan di kala hidupnya akan meraskan kenikmatan di alam Barzah. Di alam Barzah manusia menunggu hingga datangnya hari kiamat yang disebut yaumul ba'ats.

2.  Yaumul Ba'ats, adapun Dalil mengenai yaumul ba'ats dijelaskan dalam firman Allah Swt. dalam surah Al-Hajj ayat 7 dan surah Az-Zalzalah ayat 6. Yaumul Ba’ats yaitu hari Kebangkitan. Dimana seluruh umat manusia sejak zaman Nabi Adam A.s, hingga manusia terakhir di alam kubur. Manusia akan dibangkitkan menuju alam abadi yang tiada ujung dan batasnya. Dan pada hari itu pula manusia dibangkitkan dari alam kuburnya dengan beraneka ragam, tergantung pada amal perbuatan yang dikerjakan semasa hidup di dunia.
3.  Yaumul Mahsyar, adapun Dalil mengenai yaumul mahsyar dijelakan dalam firman Allah Swt. dalam surah Al-Kahfi ayat 47. Yaumul Mahsyar merupakan hari berkumpulnya seluruh umat manusia sejak manusia pada zaman Nabi Adam A.s hingga manusia terakhir. setelah manusia dibangkitkan dari alam kubur, selanjutnya manusia akan digiring dan dikumpulkan di padang mahsyar. Padang mahsyar ialah tempat mahkamah pengadilan yang mahaadil. Seluruh manusia menanti keputsan terhadap dirinya sendiri apa yang sudah diperbuat selama didunia baik alat perbuatan baik maupun buruk. Pada hari itu matahari akan didekatkan sehingga panasnya akan terasa menyiksa bagi orang yang buruk amalnya. Sebaliknya, bagi orang yang amalnya baik akan merasakan naungan atau perlindungan dari panas tersebut.

4.  Yaumul Mizan, Dalil mengenai Yaumu mizan dijelaskan dalam firman Allah Swt. dalam surah Al-Qari'ah ayat 6-9, Surah Az-Zalzalah ayat 7 dan 8, Surah Al-Anbiya ayat 47. Yaumul Mizan merupakan hari pertimbangan semua amal baik dan amal buruk kita selama hidup di dunia. Apabila amal kebaikannya lebih berat daripada amal buruknya, ia akan memperoleh kebahagiaan di surga-Nya, In Syaa Allah. Namun  Sebaliknya, orang yang amal buruknya lebih berat daripada amal kebaikanya maka ia akan merasakan kesengsaraan di neraka. Na’udzubillah.

5.  Yaumul Hisab, Dalil mengenai Yaumul hisab dijelaskan dalam firman Allah Swt. dalam surah Al-Mu'min ayat 17 dan surah Yasin ayat 65. Yaumul Hisab ialah hari perhitungan. Perhitungan seluruh amal perbuatan manusia baik amal buruk maupun amal baiknya. Seluruh manusia akan diberikan balasan sesuai yang sudah diperbuaut selama hidup di dunia.  Dan Tidak ada seorang pun yang akan dirugikan (dizalimi). Pada hari perhitungan amal manusia yang berkata adalah kedua tangannya dan yang menjadi saksi adalah kedua kakinya. Adapun mulut tertutup sehingga tidak dapat berboong atau memberikan jawaban yang tidak benar.

Demikian lah artikel mengenai Pengertian Yaumul Barzah, Yaumul Ba’ats, Yaumul Mahsyar, Yaumul Mizan dan Yaumul Hisab, semoga dapat bermanfaat dan menambah kecintaan dan keimanan kita kepada Allah karena semua siska neraka dan kebahagiaan surge-Nya  ialah nyata.

0 Response to "Pengertian Yaumul Barzah, Yaumul Ba’ats, Yaumul Mahsyar, Yaumul Mizan dan Yaumul Hisab"

Posting Komentar

loading...