Pengertian Simulasi Visual, Jenis, Fungsi dan Langkah Membuatnya

loading...
Pengertian Simulasi Visual, Jenis, Fungsi dan Langkah Membuatnya – dalam postingan kali ini saya akan menjelaskan secara singkat mengenai Pengertian Simulasi Visual, Jenis, Fungsi dan Langkah Membuatnya. Mungkin beberapa dari teman-teman sudah sering mendengar kalimat simulasi visual. Akan tetapi belum paham apa yang dimaksud dengan Simulasi Visual tersebut.

Pengertian Simulasi Visual


Klik Pengertian - Apa yang dimaksud dengan simulasi visual? Simulasi visual merupakan sebuah media atau wadah untuk menyampaikan ide dan konsep dalam bentuk simulasi digital yang berupa audio (suara ) maupun visual (gambar)


Pengertian Simulasi Visual, Jenis, Fungsi dan Langkah Membuatnya

Jenis Simulasi Visual


Adapun jenis-jenis dari simulasi visual juga akan saya jelaskan sebagai berikut :

Jenis simulasi yang dimaksudkan disini terbagi menjadi 2 bagian yaitu simulasi visual 2D dan simulasi visual 3D. lalu bagaimana kah penggunaannya? Penggunaanya tergantung pada masing-masing tujuan dan kebutuhan.

1.  Simulasi Visual 2D

Pengertian Simulasi Visual 2D – simulasi visual adalah simulasi dengan dimensi datar, dalam segi teknisnya simulasi ini dibuat dalam sebuah software pengolah grafis 2D animasi, contohnya adobe flash, after effect, toonboom dsb.

2.  Simulasi Visual 3D

Pengertian Simulasi Visual 3D - simulasi Visual 3D ialah simulasi dengan memiliki dimensi bentuk ruang dan kedalaman pada objek yang di buat. Software pengolah grafis yang dipakai dalam simulasi 3D misalnya blender, 3dsmax, Lightwave dsb.

Fungsi Simulasi Visual


Apa Fungsi dari Simulasi Visual ini? Simulasi visual berfungsi sebagai salah satu alternatif media untuk mengkomunikasikan atau pembelajaran untuk mempermudah penyampaian konsep / Ide / produk yang bersifat abstrak sehingga menjadi lebih nyata.

Baca Juga Artikel : Rumus Mencari Jarak Sebenarnya

Dimana kita dapat menemui bentuk dari simulasi visual ini? Bentuk simulasi visual biasa kita temukan dalam iklan, presentasi produk dan visual guide. Peran simulasi visual ini sangat membantu penonton untuk lebih jelas menerima informasi. Pada penerapan visual guide biasa ditemukan dalam pembuatan tutorial atau proses kerja suatu alat dan bagaimana penggunaan serta perawatannya. Kemajuan teknologi grafik animasi 3D atau yang biasa disebut dengan 3D visualization mendukung tampilan untuk menjelaskan suatu kejadian atau proses secara lebih nyata dan rinci.

Langkah/ Cara Membuat Simulasi Visual

Bagaimana Langkah/ Cara Membuat Simulasi Visual dalam jenis 2D maupun jenis 3D? langsunng saja simak langkah membuat simulasi visual dibawah ini.

Tahapan Pra Produksi

Dalam tahapan pra produksi ini meliputi yang pertama adalah pencarian ide atau konsep pembuatan ide dan konsep merupakan awal dan terpenting dalam pembuatan simulasi visual ini , tanpa ide dan konsep makan tidak akan jadi animasi yang kita buat. Yang kedua adalah pembuatan premis merupakan satu pernyataan singkat tentang sesuatu. Yang ketiga adalah pembuatan synopsis, synopsis adalah sebuah rangkaian atau jalan cerita ampilan produk dalam simulasi visual dituangkan dalam bentuk teks yang akan digunakan untuk pedoman membuat simulasi visual. Dan yang terakhir adalah pembuatan story board,story board merupakan sketsa gambar berbentuk thumbnail yang disusun berurutan sesuai dengan rangkaian jalan cerita. Dengan storyboard siswa dapat mewujudkan sinopsis dalam bentuk gambar kepada orang lain dengan lebih mudah, untuk kepentingan usulan ataupun penjelasan.

Demikian artikel mengenai Pengertian Simulasi Visual, Jenis, Fungsi dan Langkah Membuatnya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda yang membacanya.

0 Response to "Pengertian Simulasi Visual, Jenis, Fungsi dan Langkah Membuatnya"

Posting Komentar

loading...