Pengertian Konsep Geografi menurut I Made Sandy, Henry J.Warman, dan Bintaro

Pengertian Konsep Geografi menurut I Made Sandy, Henry J.Warman, dan Bintaro – apabila dalam artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai Pengertian Yaumul Barzah,Yaumul Ba’ats, Yaumul Mahsyar, Yaumul Mizan dan Yaumul Hisab. Kali ini saya akan membahas ilmu tentang geografi. dalam mempelajari ilmu geografi tentu banyak pendapat-pendapat para ahli yang berbeda namun tetap pada pengertian umum yang sama. Apakah pengertian Konsep Geografi menurut I Made Sandy, HenryJ.Warman, dan Bintaro ?Di dalam artikel kali ini saya akan menjawab pertanyaan tersebut satu persatu.


Pengertian Konsep Geografi menurut I Made Sandy, Henry J.Warman, dan Bintaro


Sebelum kita masuk ke pembahasan inti, harusnya kita paham dulu apa pengertian geografi secara umum, Geofrafi ialah sebuah ilmu yang membahas mengenai lokasi dan persamaan serta perbedaan suatu ruang atas fenomena alam dan manusia diatas permukaan bumi. Kata geografi ini berasal dari bahasa Yunani yaitu “Geo dan Graphein” dimana “geo adalah bumi” dan “graphein adalah tulisan atau menjelaskan”.

Langsung saja dibawah ini saya jelaskan satu persatu pengertian dari Konsep Geografi menurut I Made Sandy, Henry J.Warman, dan Bintaro.

Pengertian Konsep Geografi menurut I Made Sandy


Dalam seminarnya "Relevansi Landuse Planning Dulu dan Sekarang", di Fakultas MIPA UI Depok, hari Sabtu (17 Mei 2008). I Made Sandy pernah mengungkapkan bahwa sebuah peta tanpa geografi tetap akan jalan namun menjadi seorang geograf/geografiwan tanpa peta tidak akan jalan. Mengapa demikian? Karena peta tersebut sudah mengandung muatan obyek permukaan bumi dan interaksinya, yang siap dimanfaatkan oleh para ahli geografi. So yang terjadi adalah, para geograf/geografiwan tidak boleh tidak, karena hanya tinggal menggunakannya saja.

Pengertian Konsep Geografi menurut Henry J.Warman


Berbeda dengan pengertian geografi menurut Henry J.Warman ini, menurut beliau Konsep Geografi adalah konsep yang memiliki berbagai element, diantara nya konsep wilayah(regional),konsep lapisan kehidupan (life layer), konsep manusia sebagai ekologi yang dominan (man ecological dominant), konsep bumi sebagai bola(globalism), konsep interaksi keruangan(spatial interaction), konsep ralas wilayah(area relationship), konsep persamaan wilayah(area likenesses), konsep perbedaan wilayah(area differences), konsep keunikan wilayah(area unquesess), konsep persebaran wilayah(area distribution), konsep lokasi relative(relative location), konsep keuntungan(comparative advantage), konsep perubahan yang terus menerut(perpectual transformation), konsep sumber daya alam yang dibatasi budaya (culturally difined resources concept), dan yang terakhir konsep bumi diatas kertas datar(round earth on flat paper).

Baca Juga Artikel :  Pengertian Prinsip Geografi

Tersebut diatas adalah pengertian Konsep Geografi menurut Henry J.Warman yang didalam  nya  terdapat 15 element penting yang menjelaskan apa saja fenomena dan kejadian yang terjadi diatas permukaan bumi atau pun yang ada di dalam perut bumi.


Pengertian Konsep Geografi menurut Bintaro


Klik Pengertian - Pengertian Konsep Geografi menurut Bintaro – apabila I Made Sandy menjelaskan bahwa konsep geografi adalah bahwa sebuah peta tanpa geografi tetap akan jalan namun menjadi seorang geograf/geografiwan tanpa peta tidak akan jalan. Dan Henry J.Warman menjelaskan bahwa Konsep Geografi adalah konsep yang memiliki berbagai element penting salah satunya yang berkaitan wilayah,ruang, dan manusia. Lalu seperti apakah Pengertian Konsep Geografi menurut Bintaro? Menurut Bintaro pengertian konsep geografi adalah sebuah ilmu pengetahuan yang menjelaskan, menerangkan sifat-sifat yang ada di atas muka bumi, lalu menganalisa fenomena atau gejala alam dan penduduknya, serta mempelajari corak yang khas tentang kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari sebuah unsur bumi didalam ruang dan waktu.

Kesimpulannya dari beberapa pendapat ahli diatas adalah konsep geofrafi merupakan suatu disiplin ilmu yang menjelaskan gejala dan fenomena yang terjadi diatas permukaan bumi yang berkaitan dengan wilayah, ruang,waktu dan kehidupan manusia didalamnya.

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Konsep Geografi menurut I Made Sandy, Henry J.Warman, dan Bintaro. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi anda yang membacanya. terimakasih

0 Response to "Pengertian Konsep Geografi menurut I Made Sandy, Henry J.Warman, dan Bintaro"

Posting Komentar