Pengertian dan Pola Hubungan Internasional Menurut para Ahli

Pengertian Hubungan Internasional – Pembahasan kita kali ini masih berhubungan tentang pelajaran Ppkn, yakni mengupas tuntas Pengertian dan Pola Hubungan Internasional Menurut para Ahli. Namun tidak semua dari kita mengetahui apa yang dimaksud dengan hubungan internasional, maka dari itu dengan adanya artikel ini saya akan menjawab dari pertnayaan tersebut. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Hubungan Internasional


Klik Pengertian – apa yang dimaksud dengan hubungan internasional? Hubungan Internasional yaitu proses interaksi manusia yang belangsung antar bangsa atau Negara baik itu secara individu, kelompok  atau pun hubungan antar Negara untuk mencapai tujuan tertentu.


Pengertian dan Pola Hubungan Internasional Menurut para Ahli


Hubungan yang dimaksud diatas berupa individu ialah misalnya turis asing, mahasiswa, ataupun pekerja asing. Sedangkan yang dimaksud kelompok ialah seperti lembaga-lembaga sosial ataupun lembaga perdagangan. Dan yang dimaksud hubungan antar Negara yakni seperti negara-negara yang menjalin hubungan ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, keamanan, atau negara-negara yang membentuk organisasi internasional contohnya Sejarah PBB dan ASEAN.

Pola Hubungan Internasional


Dalam garis besarnya, pola dalam hubungan internasional antar bangsa dalam hal ini dapat dibedakan menjadi 3 jenis pola hubungan, diantaranya pola penjajahan, ketergantungan, serta pola hubungan sama derajat antarbangsa. Akan saja bahas satu persatu penjelasannya sebagai berikut :

1.  Pola Hubungan Penjajahan

Pola hubungan penjajahan ini juga biasa disebut dengan kolonialisme.Dalam pola hubungan penjajahan ini, satu negara yang kuat akan mengambil harta kekayaan negara lain yang lemah. Negara penjajah biasanya akan membangun berbagai sarana dan prasarana pada daerah jajahan nya dengan tujuan untuk memperlancar dan mempermudah tujuan negara penjajah tersebut untuk mengeksploitasi SDA dari daerah jajahan nya.

2.  Pola Ketergantungan

Pola hubungan Ketergantungan ini dikenal sebagai neo-kolonialisme atau penjajahan dalam bentuk baru. Pada Pola Ketergantungan ini Umumnya terjadi pada negara-negara berkembang yang disebabkan oleh kekurangan modal dan tekhnologi untuk membangun negaranya, dengan sangat terpaksa serbaug Negara harus mengandalkan bantuan negara-negara maju yang pada akhirnya menyebabkan ketergantungan pada negara-negara maju tersebut.

3.  Pola Hubungan Sama Derajat

Pola hubungan Sama Derajat ini sangat sulit diwujudkan, tetapi pola ini juga temasuk pola hubungan yang paling ideal karena berusaha mewujudkan kesejahteraan bersama, selaras pada jiwa sila kedua Pancasila,yakni yang menuntut  penghormatan atas kodrat manusia sebagai makhluk yang sederajat tanpa memandang ideologi, bentuk negara ataupun sistem pemerintahannya. Politik luar negeri bebas aktif yang kita pilih menghindarkan bangsa kita jatuh ke paham kebangsaan yang sempit atau Chauvinisme yang mengagung-agungkan bangsa sendiri namun memandang rendah bangsa lain.


Definisi Hubungan Internasional Menurut Beberapa Ahli


Diatas merupakan 3 jenis pola dalam Hubungan Internasional. Namun dalam hal ini ada beberapa pendapat menurut pada ahli mengenai definisi dari hubungan inetrnasional tersebut, diantara nya akan saja jelaskan sebagai berikut :

1.  Drs. 3rd there’s r. Soeprapto

Menurut Drs. 3rd there’s r. Soeprapto mengatakan bahwa , Hubungan internasional merupakan studi mengenai interaksi antara aktor-aktor atau kesatuan sosial tertentu termaksud semua sesuatu diseputar interaksi tersebut. Interaksi tersebut berlansung di di dalam sistem internasional dimana negeri merupakan aktor utama.

2.  Couloumbis

Menurut Couloumbis mengatakabn bahwa, Hubungan internasional merupakan ilmu yang mempelajari pola-pola aksi dan reaksi diantara negara-negara berdaulat dimana prilaku elit pemerintah merupakan indikatornya.


3.  John Lierz

Menurut John Lierz, mengatakan bahwa Hubungan internasional merupakan salah satu pemikiran yang memasukkan pertimbangan-pertimbangan implikasi kehidupan dalam berpolitik terutama perubahab unit politik termasuk didalamnya faktor keamanan lalu kekuasaan yang inheren di kehidupan sosial manusia.

4.  Raymond Aron

Menurut Raymond Aron , mengatakan bahwa Hubungan internasional merupakan hubungan antar unit politik yang masing-masing mengklaim sendiri berhak menentukan keadilan serta menjadi penergah bagi keputusan untuk berperang atau bukan.

5.  Jeremy Bentham

Menurut Jeremy Bentham , mengatakan bahawa Hubungan internasional merupakan ilmu yang merupakan sebuah kesatuan disiplin dan punya ruang lingkup serta konsep-konsep dasar.

6.  Teuku May possibly Rudi

Menurut Teuku May possibly Rudi, mengatakan bahwa Hubungan internasional meruapakan cakupan dalam bermacam rupa hubungan ataupun interaksi yang melintasi batas-batas wilayah negara dan melibatkan pelaku-pelaku yang berbeda kewarganegaraan.

7.  Kenneth Watts. Thompson

Menurut Kenneth Watts. Thompson , mengatakan bahwa Hubungan internasional merupakan studi tentang rivalitas amtar bangsa beserta kondisi-kondisi lalu institusi-institusi yang memperbaiki ataupun memperburuk rivalitas tersebut.

8.  Drs. R Soeprapto

Menurut Drs. R Soeprapto, mengatakan bahwa Hubungan internasional merupakan suatu studi yang orientasinya bersifat efektif atau orientasi pasca perilaku yang hampir sering mengkombinasikan unsur-unsur pendekatan ilmiah dengan tujuan yang jelasnilainya seperti mensubtitusikan perang dengan metode-metode perdamaian untuk menyelesaikan pertikaian, pengendalian penduduk, perlindungan terhadap lingkungan, pemberantasan penyakit, kemelaratan manusia dan lain-lain.

9.  Anonymous

Menurut Anonymous mengatakan bahwaa Hubungan internasional merupakan suatu studi hubungan tentang unit-unit sebagai bentuk inter-relasi bagian-bagian pada umumnya mengacu pada sistem innere negara-negara. Dalam hal sekarang diakui adanya peranan-peranan aktor-aktor non states seperti PBB, MNC, kelompok teroris tetapi tidaklah sepenting state atauu negara.

10.  Drs. R. Soeprapto

Menurut Drs. R. Soeprapto , menyatakan bahwa Hubungan internasional merupakan spesialisasi yang mengintegritaskan cabang-cabang pengetahuan lain yang mempelajari segi-segi internasional kehidupan sosial umat manusia.

Demikianlah artikel mengenai Pengertian dan Pola Hubungan Internasional Menurut para Ahli, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam memahami Pengertian dan Pola Hubungan Internasional. Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Pengertian dan Pola Hubungan Internasional Menurut para Ahli"

Posting Komentar