Pengertian Bank Sentral, Fungsi, Tujuan serta Wewenangnya

loading...
Pengertian Bank Sentral, Fungsi, Tujuan serta Wewenangnya – Seperti yang sekarang kita ketahui bahwa semakin meningkat dan berkembangnya perekonomian dunia, maka disetiap Negara di dunia wajib memiliki bank sentral. Dengan demikian di dalam artikel ini kita akan sama-sama membahas tentang Pengertian Bank Sentral, Fungsi, Tujuan serta Wewenangnya. Langsung saja simak sebagai berikut.

Pengertian Bank Sentral


Klik Pengertian – apa  yang dimaksud dengan Bank Sentral? Bank Sentral ialah sebuah lembaga yang mempunyai peran sangat penting untuk perekonomian suatu Negara di dunia. Secara garis besar, sampai dengan saat ini belum ada kesepakatan mengenai definisi pasti dari bank sentral. Tetapi , sebagai rujukan terdapat beberapa pendapat yang mengemukakan mengenai pengertian bank sentral tersebut, dalam arti sempit maupun luas yang berdasarkan fungsi yang dijalankan oleh bank sentral itu sendiri. Salah satu definisi bank sentral dalam arti sempit dikemukakan oleh John Singleton (2009) bahwa bank sentral merupakan sebuah bank tempat bank-bank lain menaruh dana (rekening) dan mempergunakan dana tersebut untuk penyelesaian akhir (settlement) dari transaksi antarbank.


Pengertian Bank Sentral, Fungsi, Tujuan serta Wewenangnya


Fungsi Bank Sentral 

Adapun fungsi Yang terdapat dalam Bank Sentral berdasarkan aktivitas yang dilakukan menurut Singleton, ialah sebagai berikut :

1.  Penyedia jasa perbankan dan agen kepada pemerintah dan sering sebagai pengelola pinjaman pemerintah.

2. Penjaga keutuhan sistem Keuangan dan pada beberapa situasi/keadaan bertindak sebagai an emergency lender of last resort dan pengawas kehati-hatian perbankan.

3.  Penerbit uang atau alat pembayaran yang sah guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

4. Penasihat pemerintah terkait dengan kebijakan ekonomi. Bank sentral dipandang memiliki keahlian mengenai hal-hal yang terkait dengan bidang ekonomi dankeuangan.

5. Pembuat kebijakan imtuk mendorong pertumbuhan ekonomi, terutama di Negara Berkembang, untulc memperkuat pembangunan ekonomi.

6.  Pelaksana dari kebijakan pemerintah di bidang nilai tukar dan sebagai kustodi dari cadangan devisa negara dan membantu negara dalam mengelola cadangan devisa.

7.  Pelaksana dan perumus kebijakan moneter.

8. Lembaga yang memiliki hubungan erat dengan pemerintah sehingga memungkinkan bank sentral mendapat tugas lain, seperti memberikan pelindungan nasabah seperti di Amerika Serikat, atau sebagai operator registri saham.

9.  Lembaga yang berpartisipasi dalam kerja sarna pengaturan moneter internasional.

10.  Custodian dari cadangan bank umum dan pembantu penyelesaian akhir transaksi cliring antarbank.

Tujuan Bank Sentral dalam Sebuah Negara


Tujuan Bank Sentral dalam Sebuah Negara – adakah anda pahami apa tujuan dari bank sentral ini dalam sebuah Negara? Mengapa harus ada bank sentral? Seperti bunyi UU Nomor 23 Tahun 1999 sebagaimana telah disempurnakan terakhir melalui UU Nomor 6 Tahun 2009 tentang Bank Indonesia yakni pasal 7 yang menyebutkan bahwa tujuan dari sebuah Bank Sentral atau BI di ialah mencapai dan memelihara kestabilan nilai Rupiah.

Terdapat dua aspek penting terhadap kestabilan nilai rupiah diantaranya ialah :

1. Kestabilan terhadap mata uang negara lain yang tercermin pada perkembangan nilai tukar (kurs) Rupiah terhadap mata uang negara lain.

2.  Kestabilan terhadap barang dan jasa yang tercermin pada perkembangan laju inflasi.


bagan tujuan bank sentral dalam sebuah negara


Lalu apa upaya yang harus kita lakukan dalam mencapai tujuan dan memelihara kestabilan nilai rupiah tersebut? Hal ini juga telah dijelaskan dalam UU Bank Indonesia , bahwa Bank Indonesia memiliki tiga tugas, antara lain :

1.  Mengatur dan mengawasi bank.

2.  Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran.

3.  Menetapkan dan melaksanakan kebijalcan moneter.

Tugas dan Wewenang Bank Sentral dalam Sebuah Negara


Tugas dan Wewenang Bank Sentral dalam Sebuah Negara – bagaimana tugas dan wewenang yang harus dilaksanakan dan dikerjakan oleh sebuah Bank Sentral? Bank Sentral memiliki tiga tugas. Adapun tugas-tugas dari Bank Sentral ialah sebagai berikut :

1.  Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter. Tugas ini diarahkan dalam rangka mengendalikan jumlah uang yang beredar dan /atau suku bunga agar dapat mendukung pencapaian tujuan kestabilan nilai uang, sekaligus mendorong perekonomian nasional. Dalam melaksanakan tugas kebijakan moneter, Bank Sentral senantiasa memantau perkembangan dan kecenderungan berbagai variabel ekonomi makro, moneter, dan keuangan.
2.  Mengatur dan melaksanakan sistem pembayaran, yang mencakup sekumpulan kesepakatan, aturan, standar, dan prosedur yang digunakan dalam mengatur peredaran uang. Sistem pembayaran dapat berlangsung, baik secara tunai maupun nontunai. Sistem pembayaran tunai menyangkut pencetakan dan pengedaran uang agar jumlah, denominasi, kelayakan, ataupun keamanan uang sebagai alat pembayaran yang sah dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam melaksanakan berbagai aktivitas ekonomi.

3. Mengatur dan mengawasi perbankan. Peran penting perbankan terutama terletak pada flingsinya sebagai lembaga kepercayaan dalam memobilisasi dana masyarakat dan menyalurkannya dalam bentuk kredit dan altematif pembiayaan lainnya untuk dunia usaha. Perbankan mempunyai peran vital dalam pelaksanaan kebijakan moneter, hal tersebut dikarenakan sebagian besar peredaran uang dalam perekonomian berlangsung melalui perbankan.


Wewenang yang dimiliki oleh Bank Sentral dalam Sebuah Negara

Wewenang yang dimiliki oleh Bank Sentral dalam Sebuah Negara – apa saja wewenang yang dimiliki oleh Bank Sentral? Dalam rangka melaksanakan ketiga tugas Bank Sentral diatas, adapaun wewenang yang diberikan oleh Undang-undang ialah sebagai berikut :

1.  Wewenang terkait dengan tugas menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter yang meliputi beberapa tugas-tugas yakni menetapkan sasaran-sasaran moneter dengan memperhatikan sasaran laju inflasi; melakukan pengendalian moneter dengan tidak terbatas pada operasi pasar terbuka di pasar uang, baik rupiah maupun valuta asing;menetapkan tingkat diskonto, menetapkan cadangan minimum, dan mengatur kredit atau pembiayaan.

2.  Wewenang terkait dengan tugas mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran yang meliputi tugas-tugas yakni dengan melaksanakan dan memberikan persetujuan dan izin atas penyelenggaraan jasa sistem pembayaran; mewajibkan penyelenggara jasa sistem pembayaran untuk menyampaikan laporan kegiatannya;  menetapkan penggunaan alat/instrumen pembayaran.

3.  terakhir adalah Wewenang terkait dengan tugas mengatur dan mengawasi bank Yang meliputi tugas-tugas yakni menetapkan peraturan; memberikan dan mencabut izin atas lcelembagaan dan kegiatan usaha tertentu dari bank; mengawasi bank baik secara individual maupim sebagai sistem perbankan; mengenakan sanksi terhadap bank sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Demikian artikel mengenai Pengertian Bank Sentral, Fungsi, Tujuan serta Wewenangnya. Semoga bermanfaat bagi anda yang membaca. dengan adanya artikel ini diharapkan dapat menjadikan wawasan anda lebih terbuka lagi dalam memahami  Pengertian Bank Sentral, Fungsi, Tujuan serta Wewenang Bank Sentral di Indonesia.

0 Response to "Pengertian Bank Sentral, Fungsi, Tujuan serta Wewenangnya"

Posting Komentar

loading...