Alasan Mengapa Persatuan sangat penting bagi Indonesia

loading...
Alasan Mengapa Persatuan sangat penting bagi Indonesia – Untuk yang kesekian kalinya saya menulis artikel mengenai konflik-konflik yang terjadi di Indonesia ini, apakah anda mengetahui Alasan Mengapa Persatuan sangat penting bagi Indonesia? Jawabannya akan saya sajikan khusus dalam artikel kali ini, langsung saja simak pembahasannya.

Indonesia  memiliki suku, adat, ras, bahasa dan kebiasaan yang beragam di setiap daerahnya, namun meski begitu kita sebagai anak bangsa wajib menjaga kesatuan dan persatuan Indonesia sebagai wujud kecintaan kita terhadap tanah air ini.


Arti Penting Pesatuan dan Kesatuan Indonesia


Klik Pengertian - Tujuan dari Indonesia sendiri adalah melahirkan pemimpin yang adik dan bijaksana sehingga rakyat Indonesia bisa hidup dengan tentram dan makmur. Usaha Indonesia dalam meraih persatuan bangsa dan keutuhan Negara ini tidaklah mudah, sudah melewati jangka waktu yang panjang, dan pengorbanan yang luar biasa yang telah dilakukan oleh pahlawan-pahlwan kita dahulu.


Alasan Mengapa Persatuan sangat penting bagi Indonesia


Sebelum kita masuk ke dalam penjelasan Alasan Mengapa Persatuan sangat penting bagi Indonesia, terlebih dahulu kita  harus mengetahui mana dari persatuan dan kesatuan tersebut. Persatuan dan kesatuan ialah senjata yang sangat ampuh bagi bangsa Indonesia baik dalam rangka merebut, mempertahankan maupun mengisi kemerdekaan. Persatuan mengandung arti “bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi.” Persatuan Indonesia berarti persatuan bangsa yang mendiami wilayah Indonesia.

Dalam menjaga Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang kita rasakan saat ini terjadi dalam proses yang dinamis dan berlangsung sangat lama mengapa demikian? karena persatuan dan kesatuan bangsa ini terbentuk dari proses yang tumbuh dari berbagai unsur sosial budaya masyarakat Indonesia sendiri, yang terdorong dalam jangkauan waktu yang sangat lama. Berbagai unsur sosial budaya tersebut itu diantaranya seperti sifat kekeluargaan serta memiliki jiwa gotong-royong. Kedua unsur tersebut merupakan salah satu dari sifat-sifat pokok bangsa Indonesia yang dituntun oleh asas kemanusiaan dan kebudayaan.

Prinsip yang Berkaitan dengan Makna Persatuan dan Kesatuan Indonesia


Terdapat beberapa prinsip yang harus kita pahami berkaitan dengan makna persatuan dan kesatuan Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut :

1.  Prinsip Bhinneka Tunggal Ika

Mengapa ada prinsip Bhineka Tunggal Ika? Karena dengan Prinsip ini mengharuskan kita mengakui bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang terdiri atas berbagai suku, bahasa, agama, dan adat kebiasaan yang majemuk. Hal itu mewajibkan kita bersatu sebagai bangsa Indonesia.

2.  Prinsip Nasionalisme Indonesia

Kita sebagai anak bangsa suudah tentulah mencintai bangsa kita, namun tidak berarti kita mengagung-agungkan bangsa kita sendiri. Nasionalisme tidak berarti bahwa kita merasa lebih unggul daripada bangsa lain. Kita tidak ingin memaksakan kehendak kita kepada bangsa lain karena pandangan seperti itu hanya mencelakakan kita. Selain tidak realistis, sikap seperti itu juga bertentangan dengan sila Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab.

2.  Prinsip Kebebasan yang Bertanggung jawab

Kita sebagai masyarakat Indonesia yang notabennya ialah makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Ia memiliki kebebasan dan tanggung jawab tertentu terhadap dirinya, terhadap sesamanya, dan dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa.
3.  Prinsip Wawasan Nusantara

Dengan adanya wawasan nusantara ini maka  yang terjadi adalah, kedudukan manusia Indonesia ditempatkan dalam kerangka kesatuan politik, sosial, budaya, ekonomi, serta pertahanan keamanan. Dengan wawasan itu, manusia Indonesia merasa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa dan setanah air, serta mempunyai satu tekad dalam mencapai cita-cita pembangunan nasional.

4.  Prinsip Persatuan Pembangunan untuk Mewujudkan Cita-cita Reformasi

Dan yang terakhir adalah Prinsip Persatuan Pembangunan untuk Mewujudkan Cita-cita Reformasi, karean Dengan terciptanya semangat persatuan Indonesia, kita harus dapat mengisi kemerdekaan serta melanjutkan pembangunan menuju masyarakat yang adil dan makmur. Persatuan merupakan modal dasar pembangunan nasional.

Alasan Mengapa Persatuan sangat penting bagi Indonesia


Langsung saja kita masuk ke dalam pembahasan Alasan Mengapa Persatuan sangat penting bagi Indonesia? karena dengan persatuan dan keutuhan bangsa ini kita bisa kuat, dengan persatuan dan kerja sama kita bisa mencapai sebuah tujuan. Hal Ini selaras dengan peribahasa “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Bangsa Indonesia juga bisa kuat dan jaya jika bersatu. Namun jika tidak bersatu, kita akan lemah.

Dengan semboyan yang kita miliki yaitu “Bhinneka Tunggal Ika”. Yang artinya “berbeeda-beda namun tetap datu jua”. Kita bisa menemukan semboyan itu di kaki burung Garuda Pancasila. Mengapa semboyan itu dipilih oleh para pendiri negara kita? Alasannya karena Semboyan itu sesuai dengan keadaan bangsa Indonesia ini dimana seperti yang kita ketahui bahawa Bangsa Indonesia dari berbagai suku bangsa. Akan tetapi, bangsa Indonesia merupakan satu kesatuan.

Salah satu bentuk usaha kita dalam mempererat dan memperkokoh bangsa Indonesia ini adalah dengan Menghargai budaya suku lain.Menghargai budaya suku lain wajib dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun cara yang harus kita lakukan untuk dapat saling menghargai budaya suku lain adalah sebagai berikut :

1.  Tidak meremehkan dan menghina adat istiadat, kebiasaan, dan hasil kesenian suku bangsa lain.

2.  Tidak menganggap suku sendiri yang paling baik dan suku yang lain jelek.

3.  Menerima dan menghargai suku, agama, budaya, dan adat istiadat orang lain.

4.  Mau mempelajari adat istiadat, kebiasaan, dan hasil kesenian suku bangsa lain.

5. Ikut memelihara, melestarikan, dan mengembangkan tradisi danbudaya yang ada dalam masyarakat.

Demikianlah artikel mengenai Alasan Mengapa Persatuan sangat penting bagi Indonesia. Semoga bermanfaat bagi anda yang membacanya dan membuka fikiran anda untuk menjadi anak bangsa yang memegang teguh persatuan dan kesatuan bangsa agar bangsa ini bebas dari jajahan luar.

0 Response to "Alasan Mengapa Persatuan sangat penting bagi Indonesia"

Posting Komentar

loading...