Stakeholder Dalam Sistem Informasi

loading...
Masih dengan pembahasan mengenai sistem informasi, kali ini kita akan jabarkan pembagian Stakeholder Dalam Sistem Informasi. Stakeholder adalah orang yang memiliki kepentingan tertentu pada suatu kegiatan bisnis. 



Stakeholder Dalam Sistem Informasi


Klik Pengertian - Didalam pengembangan sebuah sistem informasi, membagi stakeholder pada sistem informasi menjadi beberapa bagaian, diantaraya :

a.  Manajer SI

b.  Analis Sistem

c.  Programmer

d.  Pengguna Akhir

e.  Supporting and User

f.  Manajer Bisnis

g. Teknisi SI lainnya

Pembagian diatas didasarkan pada perbedaan karakteristik pekerjaan yang mereka lakukan untuk menyelesaikan suatu proyek Sistem Informasi. Perbedaaan ini bukan berarti salah satu memiliki peran yang lebih penting, tetapi bersama-sama saling mendukung penyelesaiian suatu proyek Sistem Informasi. Akan dibahas secara singkat tugas masing-masing bagian Stakeholder Dalam Sistem Informasi sebagai berikut :

1.  Manajer Sistem Informasi


Pada departemen IT berskala besar, manajer IT biasanya terbagi lagi menjadi manajer-manajer dengan tanggungjawab lebih spesifik. Misalnya :

a.  Manajer untuk keseluruhan departemen SI biasanya disebut sebagai Chief Information Officer dan berada dibawah presiden atau direktur perusahaan.

b.  Manajer-manajer lain yang memimpin divisi-divisi pada departemen IT, misalnya manajer pengembangan SI, manajer operasi, manajer programmer SI, manajer sumber daya IT, dll.

2.  Analis Sistem


Analis sistem adalah profesi yang bagus untuk memulai karir di bidang IT. Pekerjan sebagai analis sistem menawarkan tantangan kerja yang dinamis dan variatif. Oleh sebab itu orang analis harus memiliki dan dibekali dengan bebarapa keahlian spesifik, seperti :

a.  Keahlian Analisis

keahlian analisis diperlukan untuk memahami organisasi yang memerlukan sistem informasi yang akan dibangun.keahlian analisis digunakan untuk memetakan permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan yang bisa diselesaikan dengan sistem informasi dan yang tidak.

b.  Keahlian Teknis

tugas utama seorang analis adalah menentukan  bentuk sistem terkomputerisasi seperti apa yang dapat menyelesaikan masalah perusahaan atau organisasi klien. Karena permasalahan yang ditemukan harus diselesaikan dengan teknologi komputer maka keahlian teknis yang dibutuhkan adalah penguasaan teknologi perangkat lunak maupun keras.

c.  Keahlian Manajerial

salah satu tugas analis sistem adalah menjadi tangan kanan manajer sistem informasi dalam mengatur sumber daya proyek yang berskala kecil. Anaalis sistem dapat mengatur sumber daya yang dibawah kendalinya, seperti programmer dan teknisi.

d.  Interpersonal Skill

analis sistem adalah pihak yang berkomunikasi aktif keluar dengan klien maupun kedalam dengan stakeholder yang lain. Keahlian berkomunikasi sangat diperlukan untuk menjaring informasi yang akurat tentang masalah yang ada pada klien.


Baca : Pengertian, Komponen dan Tipe Sistem Informasi Manajemen

3.  Programmer


Individu yang menjadi personel kunci dan menjalankan “dirty work” daalam pengembangan proyek Sistem Informasi adalah Programmer. Tugas utama programmer adalah mengubah spesifikasi sistem yang diberikan oleh analis ke dalam instruksi yang bisa dijalankan oleh komputer.

4.  Manajer Bisnis

Manajer-manajer ini penting karena mereka memiliki kekuatan pendanaan pengembangan sistem  dan mengalokasikan sumber daya yang diperlukan untuk keberhasilan proyek.

5.  Teknis Lainnya

Database administrator juga bertanggungjawab pada keamanan data , baik dari serangan virus maupun pihak luar yang tidak punya akses untuk melihat dan mengubah data. Teknisi lainnya adalah teknisi jaringan dann teknisi perangkat keras.

Dapat kita simpulkan bahwa perkembangan dalam bisnis sistem informasi membuka peluang karir baru sebagai professional ada perusahaan-perusahaan IT, dan beberapa profesi yang bisa ditekuni meliputi menajer sistem informasi, analis sistem, programmer, database administrator, network enginner dan hardware support.

Demikian penjabaran mengenai Stakeholder Dalam Sistem Informasi, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda. Dan membuka peluang anda dalam menpelajari serta berkarir pada bidang IT.

Sumber : Buku Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Penulis : Hanif Al Fatta, Penerbit : Andi

0 Response to "Stakeholder Dalam Sistem Informasi"

Posting Komentar

loading...