Pengertian, Tujuan dan Manfaat Organisasi Menurut Para Ahli

loading...

Pengertian Organisasi


Pengertian Organisasi – untuk setiap ilmu sosial, maupun politik, kita harus benar-benar memahami apa yang dimaksud dengan organisasi, karena  organisasi merupakan sebuah dasar dari berjalanan nya sebuah sistem yang baik dengan menejemen yang baik pula. Maka disini akan kita bahas secara singkat dan jelas mengenai Pengertian, Tujuan dan Manfaat Organisasi Menurut Para Ahli agar dapat menambahkan wawasan anda untuk semakin yakin dalam bergabung dalam organisasi-organisasi dimanapun.




Pengertian, Tujuan dan Manfaat Organisasi Menurut Para Ahli





Klik Pengertian - Dalam berorganisasi setiap individu bisa melakukan interaksi kepada semua struktur organisasi yang terkait pada organisasi tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung. Adanya sebuah organisasi dan terbentuk nya sebuah organisasi karena dipengaruhi oleh aspek-aspek seperti penyatuan visi dan misi serta memiliki tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi dari sekelompok orang tersebut terhadap lingkungan sekitarnya.

Setiap individu yang terdapat dalam sebuah organisasi mempunyai keterkaitan atau hubungan secara terus menerus. Rasa keterkaitan atau hubungan tersebut bukanlah merupakan keanggotaan seumur hidup, namun sebaliknya mereka meskipun menjadi anggota, setiap individu tersebut berpartisipasi secara teratur.

Tujuan dan Manfaat Organisasi Menurut Para Ahli


Tujuan Organisasi

Dalam suatu organisasi yang ideal sebaiknya memiliki tujuan yang jelas. Tujuan inilah yang akan menjadi dasar kegiatan dari sebuah organisasi tersebut. Tanpa adanya tujuan yang jelas organisasi akan terhenti karena tidak adanya yang diperjuangkan. Dengan adanya sebuah tujuan diharapkan menjadi penyemangat kerja serta komitmen bagi para anggotanya.

Tujuan organisasi menurut salah satu pakar ahli yakni Simon bahwa pada tugas guna mewujudkan sasaran organisasi tersebut berada pada masing-masing oindividu yang ada pada tingkat paling bawah di struktur organisasi. Demikian juga bagi individu yang paling bawah di struktur organisasi tersebut tidak boleh diabaikan, hal ini karena mereka ialah anggota level bawah yang dapat menentukan tentang keberlangsungan hidup serta untuk tercapainya tujuan organisasi.

Tujuan organisasi mempunyai pengaruh dalam mengembangkan organisasi baik itu untuk perekrutan anggota, serta pencapaian apa yang ingin dicapai dalam berjalannya organisasi. Tujuan organisasi tersebut sebagai berikut.

1. Untuk mengatasi terbatasnya kemandirian, kemampuan, serta sumber daya yang dimilikinya untuk mencapai sebuah tujuan.

2. Tempat untuk mencapai tujuan dengan efisien serta selektif karena dilakukan secara bersama-sama.

3. Tempat dalam mendapatkan pembagian kerja dan jabatan.

4. Tempat untuk mencari keuntungan dan pendapatan bersama-sama.

5. Tempat untuk mengelola lingkungan secara bersama-sama.

6. Tempat untuk mendapatkan penghargaan.

7. Tempat mendapatkan pengawasan dan kekuasaan.

8. Tempat untuk menambat pergaulan serta memanfaatkan adanya waktu luang.

Manfaat Organisasi

Organisasi juga tidak hanya mempunyai tujuan saja, melainkan juga mempunyai berbagai manfaat organisasi yang banyak dalam kehidupan. Adanya manfaat organisasi tersebut bisa dirasakan oleh setiap anggota yang aktif dalam kegiatan-kegiatan keorganisasian. Salah satu manfaatnya ialah dapat membentuk mental individu yang berani dalam mengungkapkan pendapat di depan umum, bertukar pikiran, dapat tercapai nya sebuah tujuan, serta dapat terbiasa pula dalam melakukan kerjasama kerja guna memecahkan masalah.

Selain hal-hal yang telah disebutkan diatas, masih terdapat manfaat organisasi yang dapat diperoleh, namun disini tidak dijelaskan lebih lanjut, antara lain :

1. Melatih leadership.

2. Memperluas pergaulan.

3. Ajang pembelajaran kerja yang sesungguhnya.

4. Membentuk karakteristik seseorang.

5. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan.

6. Kuat dalam menghadapi tekanan.

7. Mampu mengatur waktu dengan sangat baik.

lebih terperinci mengenai pengertian organisasi , berikut adalah pengertian organisasi menurut para ahli, diantaranya.


Baca Juga Artikel : Pengertian Internet, Sejarah, Fungsi serta Manfaat Internet

18 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli


1.  Mistiani, S.sos

Pengertian organisasi merupakan bentuk formal dari perkumpulan, kelompok, serta sekumpulan individu yang mempunyai tujuan yang bersifat pribadi. Kemudian dari adanya tujuan serta organisasi akan berusaha dalam meraih tujuan yang sebelumnya telah disepakati bersama.

2.  M. dahlan Al Barry , Kamus Modern Bahasa Indonesia

Pengertian organisasi ialah penyusunan serta pengaturan berbagai bagian sehingga dapat menjadi sebuah kesatuan, susunan, serta aturan dari bagian-bagian hingga menjadi kesatuan yang teratur serta juga gabungan kerja sama (dalam meraih tujuan tertentu).

3.  Paul Preston dan Thomas Zimmerer

Organisasi adalah sekumpulan individu yang disusun ke dalam suatu kelompok yang saling bekerjasama satu sama lain untuk menggapai tujuan organisasi.

4.  Philip Selznick

Organisasi merupakan suatu peraturan personil untuk mempermudah pencapaian tujuan yang sebelumnya telah ditetapkan dengan melalui alokasi fungsi serta tanggungjawab.

5.  Prof. Dr. Sondang P. Siagian

Pengertian organisasi merupakan bentuk persekutuan antara 2 orang ataupun lebih yang saling bekerjasama dan masih terikat secara formal dalam rangka untuk mencapai tujuan organisasi.

6.  J.R. Schermehorn

Organisasi ialah sekumpulan orang-orang yang bekerja sama dalam mencapai tujuan organisasi.

7.  Schein

Organisasi adalah sebuah koordinasi rasional kegiatan oleh sejumlah orang guna meraih tujuan dengan melalui pembagian pekerjaan serta fungsi melalui hirarki otoritas dan juga tanggungjawab. Karakterisitik dari organisasi menurut Schein antara lain : mempunyai tujuan organisasi, struktur organisasi, saling berhubungan guna mengkoordinasikan aktivitas yang terjadi di dalamnya.

8.  Kochler

Kochler berpendapat bahwa pengertian organisasi merupakan sistem hubungan yang terstruktur dalam mengkoordinasikan usaha sebuah kelompok orang guna meraih tujuan.

9.  W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia

Pengertian organisasi ialah susunan serta aturan dari bagian-bagian sehingga dapat menjadi kesatuan yang teratur.

10.  Thompson

Pengertian organisasi merupakan suatu integrasi dari tiap individu yang sangat rasional serta impersonal atau adil yang bekerja sama guna meraih tujuan yang telah ditetapkan

11.  Drs. H. Malayu S,P, Hasibuan

Organisasi sebagai proses pengelompokan, pengaturan, serta penentuan dari berbagai aktivitas yang dibutuhkan dalam mencapai tujuan organisa

12.  Chester I Bernard

Organisasi ialah sebuah sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan sekitar 2 orang ataupun lebih.

13. Max Weber

Pengertian organisasi ialah sebuah kerangka hubungan yang terstruktur yang didalamnya terdapat adanya wewenang, serta tanggung jawab dan pembagian kerja untuk menjalankan fungsi tertentu.

14.  Richard Scott

Organisasi merupakan sebuah tindakan yang dilakukan secara kolektif yang sengaja terbentuk guna meraih tujuan secara khusus serta didasari pada asas kelangsungan.

15.  Janu Murdiyamoko dan Citra Handayani


Organisasi merupakan sebuah sistem sosial yang mempunyai identitas kolektif yang tegas, prosedur pergantian anggota, adanya program kegiatan yang jelas, serta memiliki daftar anggota yang terperinci .

16.  Stephen P. Robbinss

Organisasi ialah kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar dan dengan batasan yang relatif dapat untuk diidentifikasi, yang bekerja dengan dasar yang relatif secara terus menerus dalam meraih tujuan organisasi.

17.  James D Mooney

Organisasi adalah sebuah bentuk perserikatan manusia guna meraih tujuan bersama.

18.  Stoner

Pengertian organisasi adalah sebuah pola berbagai hubungan yang melalui tiap individu di bawah pengarahan dari atasan dalam mengejar tujuan organiasi.

Demikianlah artikel tentang Pengertian, Tujuan dan Manfaat Organisasi Menurut Para Ahli, dimana sudah kita jabarkan singkat mengenai Penegrtian Organisasi menurut para ahli, manfaat organisasi serta tujuan dari organisasi.semoga dengan adanya artikel ini dapat menjadikan anda lebih bersemangat lagi dalam mengikuti kegiatan organisasi baik disekolah maupun diluar sekolah mengingat manfaat yang begitu besar dalam berorganisasi tersebut.

0 Response to "Pengertian, Tujuan dan Manfaat Organisasi Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

loading...