Analisis Kebutuhan Sistem dan Contohnya pada Aplikasi Kamus Berbasis Android

loading...
Analisis Kebutuhan Sistem dan Contohnya pada Aplikasi Kamus Berbasis Android – Pembahasan selanjutnya adalah mengenai Analisis Kebutuhan Sistem. Temen-temen pasti sudah sangat familiar dengan kalimat tersebut ya,, karena memang Analisis Kebutuhan Sistem ini ada didalam naskah skripsi bagian BAB 3, bagian yang sangat inti pada sebuah Skripsi. Maka disini saya akan membahas secara detail beserta contohnya agar temen-temen dapat dengan mudah memahami. Langsung saja simak dibawah ini.



Analisis Kebutuhan Sistem dan Contohnya pada Aplikasi Kamus Berbasis Android


Pengertian Analisis Kebutuhan Sistem


Klik Pengertian - Tujuan dari fase analisis adalah memahami dengan sebenar-benarnya kebutuhan dari sistem baru dan mengembangkan sebuah sistem yang mewadahi kebutuhan tersebut, atau memutuskan bahwa sebenarnya pengembangan sistem baru tidak dibutuhkan. Penentuan kebutuhan sistem merupakan langkah yang paling krusial dalam tahapan SDLC. Dalam garis besarnya analisis kebutuhan merupakan pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh sistem, dan karakteristik apa yang harus dimiliki sistem.


Contoh Analisis Kebutuhan Fungsional Pada Aplikasi Kamus Medis Berbasis Android

1.  Analisis Kebutuhan Fungsional

Kebutuhan fungsional adalah kebutuhan pada sistem yang merupakan layanan dalam aplikasi yang harus disediakan, serta gambaran proses dari reaksi sistem terhadap masukan sistem dan yang akan dikerjakan oleh sistem diantaranya adalah sebagai berikut :

a. Aplikasi mampu memberikan informasi tentang penjelasan arti istilah medis atau istilah kesehatan yang dicari pengguna.

b. Proses pencarian aplikasi dilakukan dengan menginputkan istilah yang akan dicari dan bisa melakukan pencarian berdasarkan abjad.

c.  Aplikasi dilengkapi dengan fitur tentang untuk melihat informasi tentang aplikasi yang dibuat.

d.  Aplikasi dilengkapi dengan fitur tips-tips kesehatan.

e.  Aplikasi dilengkapi dengan keterkaitan antara istilah medis yang satu dengan yang lain.

Contoh Analisis Kebutuhan Non - Fungsional Pada Aplikasi Kamus Medis Berbasis Android


2.  Analisis Kebutuhan Non Fungsional

Analisa kebutuhan non fungsional dapat digunakan sebagai suatu bentuk kebutuhan berupa perangkat yang dibutuhkan sistem dan dapat terbagi dalam hal untuk pengembangan atau penggunaannya.

A.  Analisis Kebutuhan Perangkat Keras (Hardware)

Kebutuhan perangkat keras (Hardware) merupakan analisa kebutuhan sistem yang digunakan untuk mengetahui secara jelas perangkat yang dibutuhkan untuk mendukung proses pengembangan dan penggunaan dari sistem aplikasi yang akan dibuat. Adapun spesifikasinya adalah sebagai berikut :

a.  Kebutuhan Perangkat Keras Pengembangan :

1. Procesor Intel Core i5 2.7 GHz

2. Intel HD Graphics Nvidia GT 820M

3. Memory 4GB DDR3

4. Display 14 inch

5. Harddisk 500GB

b.  Kebutuhan Perangkat Keras Penggunaan

1. Layar 540 x 960

2. CPU Dualcore 1.4GHz

3. Memory 1.5 GB RAM

4. ROM 8GB

B.  Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak (Software)

Kebutuhan perangkat lunak (software) yaitu program yang diperlukan untuk melakukan proses intruksi atau menjalankan perangkat keras. Agar aplikasi dapat dibuat dan diimplementasikan sesuai perancangan, maka diperlukan suatu perangkat lunak. Adapun spesifikasi software yang dibutuhkan sistem adalah :

a. Kebutuhan Perangkat Lunak Pengembangan

1. Eclipse IDE

2. ADT (Android Development Tool)

3. SDK (Software Development Kit)

4. SQLite Database Browser

b.  Kebutuhan Perangkat Lunak Penggunaan

Perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan Aplikasi Kamus Istilah Medis berbasis Android ini adalah Android dengan versi minimal 4.0 IceCream Sandwich.

Baca :   Metode Pieces dan Contohnya dalam Tahapan Analisis Sistem

3.  Analisis Kebutuhan Pengguna (User)

Kebutuhan sumber daya manusia atau pengguna adalah orang yang akan terlibat dalam pembuatan dan implementasi aplikasi kamus istilah it berbasis Android ini. Diantaranya adalah :

1.  Sistem Analis : orang yang bertugas untuk menganalisis sistem dengan mempelajari masalah-masalah yang timbul dan menentukan kebutuhan-kebutuhan.

2.  Programmer : Orang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan perekomendasian pemilihan perangkat lunak.

3.  Pengguna : Pihak yang menggunakan sistem atau aplikasi ini adalah pelajar dan masyarakat umum yang memiliki perangkat smartphone berbasis android.

Demikianlah pembahasan mengenai Analisis Kebutuhan Sistem dan Contohnya pada Aplikasi Kamus Berbasis Android kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi gambaran buat temen-temen dalam mengerjakan skripsi.

0 Response to "Analisis Kebutuhan Sistem dan Contohnya pada Aplikasi Kamus Berbasis Android"

Posting Komentar

loading...