Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Surat Resmi dan Tidak Resmi

loading...
Mari kita mengingat kembali pelajaran bahasa Indonesia, sudah sering sekali ya kita mempelajari pengertian-pegertian surat dalam mata pelajaran bahasa Indonesia sejak di bangku SD, SMP, sampai SMA, dan disaat ujian nasional pun pasti keluar tentang surat resmi dan tidak resmi. nah disini saya akan menjabarkan pengertian, ciri-ciri, contoh surat resmi dan tidak resmi.

Sebelumnya, kita harus tahu dulu apa itu surat? Surat merupakan sarana komunikasi untuk menyampaikan inforamasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Jadi surat adalah media komunikasi secara tertulis.


Pengertian dan Contoh Surat Resmi 


Nah kita langsung saja ke inti pembahasan kita mengenai Pengertian, Ciri-Ciri,  dan Contoh Surat Resmi dan Tidak Resmi. yang akan saya jaabarkan satu-persatu.

Klik Pengertian - Surat Resmi ialah jenis surat yang di pergunakan dalam keadaan resmi, contoh surat dalam keadaan resmi yakni surat yang berisi mengenai keperluan kedinasan suatu perusahaan atau instansi atau lembaga tertentu. Misalnya undangan rapat, surat lamaran pekerjaan, surat izin, dan lain-lain. Adapunn dalam menulis surat resmi ini memiliki syarat-syarat tertentu yakni

  •                    Bahasa yang digunakan adalah bahasa baku
  •           Menggunakan struktur penulisan yang baku
  •          Hanya digunakan untuk prihal yang bersifat resmi


Contoh Surat Resmi


Contoh Surat Resmi


Ciri-Ciri Surat Resmi

Disini saya akan menjabarkan secara detail ciri-ciri Surat Resmi, diataranya adalah sebagai berikut  : 
  •           Menggunakan bahasa efektif, singkat, padat, namun jelas bagaimana maksudnya.
  •      Menggunakan bahasa baku sesuai dengan kaidah bahasa indonesia dan ejaan yang                      disempurnakan (EYD) baik frasa, kosakata, dan tata bahasanya.
  •      Menggunakan bahasa eksplisit bukan implisit Disajikan dalam bentuk full block atau bisa          juga semi block/indented block Memiliki kop surat apabila dikeluarkan oleh lembaga resmi      (instansi) Terdapat nomor, lampiran, perihal, Tanggal, alamat tujuan.
  •       Pada kondisi tertentu disertai stempel atau cap khusus Dibuat dalam bentuk sistematis dan         sesuai dengan aturan baku
  •        Memiliki kop surat apabila dikeluarkan oleh lembaga resmi (instansi)
  •       Terdapat nomor, lampiran, perihal, Tanggal, alamat tujuan.
  •        Pada kondisi tertentu disertai stempel atau cap khusus
  •        Dibuat dalam bentuk sistematis dan sesuai dengan aturan baku    

  

Pengertian dan Contoh Surat Tidak Resmi

Surat Tidak Resmi ialah surat yang dipergunakan dalam keadaan yang tidak resmi. Contoh surat dalam keadaan tidak resmi yakni keperluan pertemanan atau persaudaraan. Surat tidak resmi ditulis dengan bahasa sehari-hari, tidak haruss dengan bahasa baku. Tidak ada syarat khusus dalam membuat surat tidak resmi ini, yang terpenting adalah si penerima paham maksud dari surat yang kita berikan. Surat tidak resmi ini berupa surat perkenalan kepada seseorang, surat kerinduan kepada sahabat atau keluarga, dan lain-lain.


Baca Juga :  Pengertian Prinsip Geografi

Contoh Surat Tidak Resmi


Contoh Surat Tidak Resmi

Dari penjelasan diatas, sudah jelas perbedaan surat resmi dan tidak resmi,  serta Pengertian, Ciri-Ciri,  dan Contoh Surat Resmi dan Tidak Resmi. semoga contoh diatas dapat membantu teman-teman dalam membuat surat kedinasan atau surat tidak resmi.

0 Response to "Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Surat Resmi dan Tidak Resmi"

Posting Komentar

loading...