Pengertian Prinsip Geografi

loading...

Pengertian Prinsip Geografi


 Pengertian Prinsip Geografi


Pengertian Prinsip Geografi - Pengertian Prinsip Geografi dapat diartikan sebagai sebuah dasar dalam mengkaji coppy penjabaran, pengungkapan, dan penyajian gejala,variable, faktor serta masalah – masalah geografi dalam fenomena geosfer. Ketika akan melakukan pendekatan terhadap sebuah objek yang akan dikaji, dasar prinsip ini harus menjiwai. secara garis besar Pengertian Prinsip Geografi ialah suatu gejala dan fakta yang tersebar tak merata di permukaan bumi, seperti bentangan alam, hewan, tumbuh-tumbuhan, dan manusia. Secara teori prinsip geografi terbagi menjadi empat, diantaranya ialah prinsip penyebaran (distribusi), prinsip sebab akibat (interelasi), prinsip penggabaran (deskripsi), dan prinsip gabungan (korelasi).


Empat Prinsip  Geografi


Prinsip-prinsip geografi terdiri dari empat prinsip utama dalam mengkaji fenomena geosfer, empat prinsip-prinsip geografi tersebut ialah sebagai berikut :
  • Prinsip Penyebaran (Distribusi)

Dalam pengertian prinsip geografi, prinsip distribusi ialah prinsip yang pertama yakni persebaran tentang bentang alam yang ada di permukaan bumi yang tidak merata yang menjadikan setiap wilayah atau daerah berbeda satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh ialah persebaran total penduduk transmigran di Indonesia tidak merata, terdapat wilayah tertetu yang totalnya lebih banyak dibandingkan yang lain sesuai dengan luar wilayah.
  • Prinsip sebab-akibar (Interelasi)

Dalam pengertian prinsip geografi, prinsip interelasi ialah suatu fenomena geosfer yang satu memiliki keterkaitan dengan fenomena geosfer yang lainnya. Gejala yang satu berkaitan dari gejala yang lainnya. Sebagai contoh sebagian besar dari penduduk pesisir pantai memiliki pencaharian sebagai nelayan karena masih luas lautan yang harus di jelajahi.
  • Prinsip Penggambaran (Deskripsi)

Dalam pengertian prinsip geografi, Prinsip Deskripsi ialah untuk menggambarkan fenomena geosfer yang membutuhkan deskripsi dengan melalui tulisan-tulisan, tabel, gambar maupun grafik. Sebagai contoh ialah peta persebaran lempeng-lempeng tektonik di dunia.
  • Prinsip Korologi (Gabungan)

Dalam pengertian prinsip geografi, Prinsip Korologi ialah suatu prinsip yang berfungsi menganalisa suatu wilayah atau daerah berdasarkan dari ketiga prinsip sebelumnya, hingga suatu wilayah akan mempunyai karakteristik tersendiri. Sebagai contoh ialah suhu udara di pedesaan lebih sejuk dari pada suhu udara di perkotaan. Karena banyak pepohonan yang ada di pedesaan.

Pengertian Prinsip Geografi menurut para Ahli


Klik Pengertian - Meskipun interaksi antara manusia dan lingkungannya merupakan inti kajian geografi, terdapat berbagai pendapat tentang prinsip, hakikat, konsep, dan batasan geografi, diantara nya ialah sebagai berikut :
  • Strabo (1970): Geografi erat kaitannya dengan faktor lokasi, karakteristik tertentu, dan hubungan antar wilayah  secara keseluruhan. Konsep itu disebut Natural Attribute of Place.
  • Preston E. James (1959): Geografi dapat dianggap sebagai induk ilmu pengetahuan karena banyak bidang ilmu pengetahuan yang selalu dimulai dari keadaan permukaan bumi, kemudian beralih pada studinya masing-masing.
  • Frank Debenham (1950): la berpendapat bahwa tugas ahli geografi adalah sebagai berikut. yang pertama Mengadakan penafsiran terhadap persebaran fakta. kedua Menemukan hubungan antara kehidupan manusia dan lingkungan fisik. ketiga Menjelaskan interaksi antara kekuatan manusia dan alam.
  • James Fairgrive (1966): Geografi memiliki nilai edukatif yang dapat mendidik manusia untuk berpikir kritis dan bertanggung jawab terhadap kemajuan-kemajuan di dunia. Ia juga berpendapat bahwa peta sangat penting untuk menjawab pertanyaan ”di mana” dari berbagai aspek dan gejala geografi.
  • Prof. Bintarto (1981): Geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik maupun menyangkut makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.
  • Hasil Seminar dan Lokakarya lkatan Geografi Indonesia (IGI) di Semarang, tahun 1988: Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan.

Untuk mengkaji Pengertian Prinsip Geografi dalam fenomena goesfer, ke empat prinsip yang sudah dijelaskan diatas ialah saling berkaitan satu dengan yang lain dan tidak dapat dipisahkan.

0 Response to " Pengertian Prinsip Geografi"

Posting Komentar

loading...