Pengertian Konsep Geografi

loading...
Pengertian Konsep GeografiSebelum kita membahas Pengertian Konsep Geografi, lalu apakah pengertian dari Geografi itu sendiri? Geografi berasal dari bahasa Yunani ialah Geo yang artinya bumi dan graphien yang artinya pencitraan. Geografi merupakan suatu disiplin ilmu mengenai permukaan bumi, iklim, flora, dan fauna serta hasil-hasil yang didapat dari bumi. Berikut akan dijabarkan lengkap Pengertian Konsep Geografi



Pengertian Konsep Geografi


Pengertian Konsep Geografi


Klik Pengertian - Sebelumnya kita sudah membahas tentang Pengertian Geografi, disini akan dijabarkan pula Pengertian Konsep Geografi, yang dimaksud dengan Konsep Geografi yaitu sebuah gambaran/lukisan/rancangan mengenai suatu objek, proses dan semua yang berkaitan dengan ilmu Geografi. Secara harfiah Pengertian Konsep Geografi adalah bagian terpenting dalam memahami sebuah fenomena atau kejadian dari alam dan sosial serta akan selalu berkaitan dengan hubungan, persebaran, pola, bentuk, fungsi, dan juga proses-proses terjadinya.


Konsep Dasar Geografi


Berikut adalah  konsep Geografi  yang terbagi menjadi 10 bagian, diantaranya :
  • .      Lokasi/Letak

Lokasi/letak merupakan suatu tempat disuatu daerah dimana adanya hubungan suatu objek dimuka bumi. Adapaun konsep ini terpecah menjadi dua bagian yakni absolut dan relatif. Tempat atau letak suatu lokasi absolut dapat kita lihat dari garis lintang dan garis bujur. Kondisi lokasi absolut ini ialah statis, dikarenakan beracuan pada garis astonomi bumi yang mengakibatkan perbedaan iklim/cuaca (garis lintang) dan waktu (garis bujur). Sedangkan lokasi relatif merupakan suatu tempat/wilayah yang bisa dilihat dari daearah lain yang berada disekelilingnya.lokasi ini ialah dinamis karena dapat berubah-ubah sesuai dengan objek yang ada disekelilingnya. Lokasi Indonesia menurut lokasi relatif nya yakni terletak diantara dua benua yaitu benua asia dan Australia, dan terletak diantara dua samudra yakni samudra Hindia dan Pasifik.

  •       Jarak

Jarak merupakan ruang atau cela yang bisa mengkaitkan antara lokasi satu dengan yang lainnya, objek satu dengan objek lainnya dan dihitung melewati perhitungan panjang ataupun waktu. Dimana jarak terpecah menjadi dua bagian yakni jarak mutlak dan relatif. Jarak mutlak merupakan ruang atau cela antara kedua lokasi yang dituangkan melalui ukuran panjang dalam satuan kilometer, meter, dan sebagainya. Jarak ini merupakan jarak yang tetap. Sedangkan jarak relatif merupakan ruang atau cela antara kedua lokasi yang dituangkan dalam satuan waktu/lamanya perjalanan.

  • .      Morfologi

Morfologi merupakan Kosep Pengertian Geografi yang menjabarkan tentang struktur/bagian luar dari batu-batuan yang terbentuk membentuk morfologi permukaan bumi, yaitu pantai, dataran tinggi, dataran rendah, pegunungan, lembah, danau, dan sebagainya.
  • .      Keterjangkauan

Keterjangkauan merupakan Konsep Pengertian Geografi yang sanggup diraih dengan maksimum dari satu daerah ke daerah lainnya.
  • .        Pola

Pola merupakan bentuk, atau struktur serta persebaran fenomena atau kejadian-kejadian yang terjadi di permukaan bumi baik itu gejala alam ataupun gejala sosial.
  • .        Aglomerasi

Aglomerasi merupakan suatu fenomena yang tergabung menjadi satu bentuk atau struktur.
  • .       Nilai Kegunaan

Nilai kegunaan merupakan Pengertian Konsep geografi yang sangat berhubungan pada nilai kegunaan dari suatu daerah yang bisa dikembangkan menjadi potensi yang saangat menunjang perkembangan suatu daerah.
  • .      Interaksi dan Interpendensi

Interaksi dan Interpendensi merupakan Pengertian Konsep Geografi yang memperlihatkan keterkaitan serta ketergantungan atara daerah satu dengan daerah yang lainnya agar saling memenuhi kebutuhan.
  • .      Diferensiasi Areal

Diferensiasi Areal merupakan Pengertian Konsep Geografi yang mebandingkan kedua daerah untuk memperlihatkan adanya perbedaan antara keduanya, karena  masing-masing daerah mempunyai karakteristik khas yang berbeda.
  • .        Keterkaitan Ruang

Ketrkaitan ruang merupakan Pengertian Konsep geografi yang memperlihatkan tinggi nya keterkaitan antar daerah dan mendorong terjadinya sebuah interaksi yakni sebab dan akibat antar masing-masing daerah.


Baca : Perbedaan Pengertian Budaya Politik Parokial Dan Partisipan

 Pengertian Konsep geografi Menurut Beberapa Ahli


Setelah beberapa abad silam, lalu muncullah Pengertian Konsep Pengertian Geografi menurut para ahli sebagai berikut :

1.      Menurut Paul Vidal De La Videl- Menyatakan bahwa geografi merupakan study mengenai kualitas negara-negara dimana manusia sebagai pengelola alam menjadi penentu dalam kehidupan.

2.      Menurut Bintaro (1981)-  Menyatakan bahwa geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi baik secara fisik maupun hal-hal yang menyangkut kehidupan makhluk hidup serta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkunagn, serta regional untuk kepentingan program, proses, serta keberhasilan suatu pembangunan.

3.      Menurut Von Rithoffen– Geografi merupakan ilmu yang mempelajari gejala serta sifat-sifat permukaan bumi beserta penghuninya yang tersusun berdasarkan letak. Selain itu, ilmu tersebut juga menjelaskan hubungan timbal balik antara sifat serta gejala-gejala tersebut.

4.      Erastothenes-  Menyatakan bahwa geografi merupakan penggambaran tentang bentuk permukaan bumi

5.      Claudius Ptolomaeus-  Menyatakan geografi suatu bentuk penyajian dari sebagian atau seluruh bagian permukaan bumi dalam bentuk peta.

Pengertian Konsep geografi diatas dapat dipergunakan untuk menjelaskan suatu masalah dan fenomena geografi yang terjadi di permukaan  bumi serta mengetahui sebab-akibat, keterkaitan, hubungan, fungsi dan proses terjadinya suatu gejala/ fenomena alam.

0 Response to "Pengertian Konsep Geografi"

Posting Komentar

loading...